Kompetisi Liga 3 Jawa Timur Bergulir September 2022, Bumi Wali FC Tuban Siap Daftar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kompetisi Liga 3 Jawa Timur akhirnya bakal digelar pada bulan September 2022 mendatang. Kabar ini menjadi angin segar dan kabar gembira bagi klub sepakbola di Jawa Timur termasuk Kabupaten Tuban. 

Bergulirnya LIga 3 pada bulan September dibenarkan oleh Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi Jawa Timur. Setelah adanya kesepakatan bersama seluruh kontestan dalam Kongres Tahunan PSSI Jatim 2022 di salah satu hotel di Surabaya 20 Juli lalu.

"Jadwal itu dipilih karena PSSI Pusat telah mengumumkan akan memutar Liga 3 Nasional di bulan November 2022. Rencananya Liga 3 Jatim pada September 2022, kita juga harus menyiapkan semua aspek," ujar Deputi Sepak Bola PSSI Jatim, Arif Syaifuddin di Surabaya, Senin (25/7/2022) dilansir dari Kominfo Jatim.

Terkait : 8 Tips Beli Rumah Pertama KPR Agar Terhindar dari Developer Nakal

Saat ini, lanjut Arif bahwa PSSI Jatim tengah membuka pendaftaran klub. PSSI juga telah mencatat kontestan baru maupun yang tercoret, karena tidak mengikuti kompetisi dalam waktu dua tahun terakhir. 

Klub baru yang masuk Loga 3 Jatim yaitu, PSBR Blitar Raya yaitu tim milik ASKOT PSSI Blitar. Jumlah keseluruhan tim di LIga 3 Jatim tahun belum diketahui, sebab masih pendaftaran. Sedangkan data musim lalu ada 69 tim yang berpartisipasi di LIga 3 Jatim.

"Estimasi diputarnya Liga 3 Jatim ada September 2022," imbuh Alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga itu.

Terkait : Masuk Grup B Liga Santri, Tim Mutholibul Huda Tuban Hadapi Kediri dan Mojokerto

PSSI Jatim saat ini terus berkoordinasi dengan berbagi pihak terkait kesiapan teknis, karena format pertandingan perlu dibahas lebih mendalam. Apakah dua kali home turnamen atau jome and away. 

Diantara yang menjadi pantauan PSSI Jatim, yaitu kesiapan dan kelayakan stadion ketika diputuskan home and away. Begitupula sebaliknya, ketika home turnamen stadion mana yang dipilih. 

"Teknisnya masih dalam kajian dan evaluasi," lanjutnya. 

Diberitakan sebelumnya, dua kesebelasan sepakbola di Kabupaten Tuban yaitu Bumi Wali FC dan Persatu Tuban juga diharapkan suporter mengikuti Liga 3 Jatim. Untuk keikutsertaan Liga 3, tim Bumi Wali FC sudah dikonfirmasi oleh Sekretaris Bumi Wali, Adi Sudikdo.

Terkait : Bumi Wali FC Tuban Main Liga 3, Persatu Belum Jelas

Sementara tim Persatu Tuban, terkait keikutsertaan Liga 3 tahun 2022 belum dapat dipastikan karena tengah terjadi masa transisi pergantian manajemen lama ke baru. 

“Maaf, sampai dengan saat ini peralihan secara resmi dari manajemen lama ke manajemen baru belum ada. Jadi, saya belum bisa menjawab apa-apa,” tutup Arif Handoyo selaku jajaran manajemen baru Persatu. [Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS