Diperpanjang Hingga 30 Septerber 2022, Buruan Ikut Pemutihan Pajak Kendaraan Povinsi Jawa Timur

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com -  Ada kabar gembrira untuk kalian warga Provinis Jawa Timur. Pemerintah Provinis Jawa Timur mengumumkan telah memperpanjang program pemutihan pajak kendaraan bermotor hingga tanggal 30 September 2022 kedepan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan agar program perpanjangan pemutihan bagi pemilik kendaraan bermotor ini oleh Pemprov Jatim dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Melalui program keringanan ini tidak dikeani sanksi bagi yang telah telat membayar pajak kendaraan tahunan.

"Sebelumnya, pemutihan ini hanya berlaku dari 1 April sampai akhir Juni . Tapi kami memutuskan untuk memperpanjang sampai 92 hari lagi. Maka, kesempatan ini tolong digunakan semaksimal mungkin oleh warga Jatim untuk mengurus keterlambatan pembayaran pajak tanpa harus didenda," katanya, dikutip dari suara.com jejaring dari blokTuban.com.

Sejauh ini, telah banyak masyarakat yan memanfaatkan kesempatan kali ini. Mengingat, telah ada 1.034.666 obyek pajak yang memanfaatkan program itu sejak 1 April hingga 27 Juni 2022 lalu tersebut.

Khofifah menerangkan, pemutihan pajak ini dapat dinikmati oleh wajib pajak yang ingin mengurus diantaranya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan pajak lainnya tanpa sanksi administrasi.

"Ini merupakan salah satu upaya pemerintah meringankan beban masyarakat dan memberikan layanan terbaik yang pro rakyat. Mudah-mudahan dengan ini, masyarakat tidak kesulitan untuk taat melaksanakan wajib pajak," terang perempuan yang pernah menjabat Menteri Sosial Kabinet Kerja 2014-2019 ini.

Hal ini menunjukkan, betapa kontribusi wajib pajak telah mendongkrak pendapatan daerah yang mencapai 54,26 persen pada semester pertama tahun 2022.

Program pemutihan tersebut juga sukses berkontribusi dalam penambahan obyek PKB dari kendaraan luar provinsi sebanyak 11.091 yang berpotensi bernilai Rp 22,79 miliar.

"Ini adalah hasil yang sangat membahagiakan dan membanggakan. Maka kepada para _stakeholder_ dan Samsat, saya mengucapkan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas kinerja dan dukungan dalam program ini," ungkapnya.[dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS