Tim SAR Perluas Radius Pencarian Satu Nelayan Tuban yang Hilang Melaut

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tim Search & Rescue (SAR) gabungan yang dipimpin Basarnas Surabaya pada Jumat (22/7/2022) pagi melanjutkan pencarian satu nelayan Kabupaten Tuban yang hilang saat melaut. 

Pencarian hari kedua ini, tim memperluas radius sekaligus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Jawa Timur, dan BPBD Rembang, Jawa Tengah. 

Satu nelayan yang masih dinyatakan hilang bernama Hendin Debi Setiawan (40) selaku pemilik perahu asal Desa Keradenan, Kecamatan Palang. Korban semula melaut bersama Anak Buah Kapal (ABK)nya bernama Rokadi (49) pada Rabu (20/7) berangkat pukul 03.00 Wib. 

Terkait : Prediksi Gelombang Laut Tuban Capai 1.5 Meter Saat Operasi SAR Pencarian Nelayan Hilang

Kendati demikian, Rokadi sudah ditemukan nelayan dalam kondisi selamat di utaranya PLTU Tanjung Awar-awar sekitar 9-10 mil di buoy Pertamina di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Tuban. Lalu, dirawat di Puskesmas Tambaboyo pada Kamis (21/7). Sementara pemilik kapal beserta perahunya belum ditemukan. 

Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji menjelaskan, pencarian terus dilakukan bersama Basarnas Surabaya karena pencarian pada hari pertama belum membuahkan hasil. 

"Kita perluas radius pencarian korban dengan harapan lekas ditemukan," kata Darmaji kepada blokTuban.com. 

Mantan Kadis PRKP Tuban itu, menambahkan, selain BPBD Tuban dan Basarnas Surabaya bantuan pencarian juga datang dari tim Pelabuhan Khusus Semen Indonesia, dan Pol Airud Brondong. 

Terkait : Kronologi Dua Nelayan Tuban yang Hilang Baru Ketemu Satu, Kondisinya Selamat

"Pencarian kami maksimalkan dengan bantuan BPBD Lamongan dan Rembang di wilayahnya masing-masing," imbuhnya. 

Diketahui, sebelum hilang kedua korban nelayan hilang sempat diketahui oleh sepupu korban bernama Sutono. Korban terakhir terlihat bersama perahunya jarak kurang lebih 10km sebelah baratnya Offshore Gagak Rimang. 

Untuk posko operasi SAR gabungan nelayan Tuban yang hilang saat melaut, sementara ini ditempatkan di Pantai Semilir, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Berada di Jalan Tuban-Bancar Km 23 atau persis sebelah timurnya pelabuhan semen plat merah. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS