9 Komunitas Ini Lakukan Gerakan Ramah Lingkungan di Tuban, Bagikan Daging Kurban Pakai Besek dan Daun Jati

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Melalui program Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) Berbagi 2022, sembilan komunitas membagikan daging kurban di Kabupaten Tuban, Senin (1/7/2022). 

Mereka adalah komunitas Bold Riders Ninja Tuban Club, Karta Klumpit, Karta Pekuwon, Karta Kendal, fans club United Indonesia Tuban, Kopites Tuban (Liverpool), CISC Tuban (Chelsea), MCSCI Tuban (Manchester City) dan komunitas mobil Honda Nova Civic Indonesia Tuban.

Para komunitas KITA tersebut membagikan daging kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan seperti daun jati dan besek. Pada KITA Berbagi 2022, Kolaborasi KITA mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan. 

Terkait : Berkah Idul Adha, Sehari Jasa Penggilingan Daging di Tuban Layani 200 Orang

Di mana seluruh komunitas menggunakan wadah nonplastik seperti besek, daun jati, pisang, dan bahan lainnya sebagai tempat daging kurban yang akan diberikan ke masyarakat sekitar.

Pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi berbagai komunitas juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Terkait : 2 Cara Ampuh Andalan Ibu-Ibu Hilangkan Bau Apek Daging

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan kedepan. 

Koordinator acara KITA Berbagi 2022 di Tuban Moh Afif Amrullah mengatakan komunitas motor Ninja Tuban Club ini sebelumnya mengawalinya dengan menggelar riding atau touring city. Mereka kemudian ke sejumlah daerah pelosok untuk membagikan daging kurban seperti di Desa Bandungrowo.

"Selain Bold Riders juga ada dari fans club dan juga karang taruna (karta) Heppiii Community Tuban. 

Terkait : Cara Unik Bakar 'Sate Guling' Pakai Gedebog Pisang FYP TikTok | Idul Adha 2022

Aksi pembagian daging kurban ini dalam rangka program KITA Berbagi 2022 yang mengambil tema Bangkit Bersama Menjadi Pemenang," kata Afif kepada blokTuban.com. 

Untuk wilayah Tuban sendiri, lanjutnya ada enam ekor kambing yang dibagikan oleh berbagai komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA).

Selain itu, Karta ada yang membagikannya ke daerah Klumpit Tuban seperti di kawasan Bumi Perkemahan setempat, kemudian dibagikan juga untuk anak-anak yatim. 

Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur sejak 9 hingga 13 Juli 2022. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat. [Ali]

Terkait : Segampang Itu! Ini 5 Tips Membuat Daging Empuk Tanpa Bikin Gigi Sakit

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS