Berkah Idul Adha, Sehari Jasa Penggilingan Daging di Tuban Layani 200 Orang

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Momentum peringatan Hari Raya Idul Adha 1443 H, rupanya menjadi berkah tersendiri bagi para pelaku usaha jasa penggilingan daging di Kabupaten Tuban. Pasalnya, banyak masyarakat yang mengolah daging kurban untuk menjadi bakso ataupun makanan lainnya. 

Keberkahan ini, salah satunnya juga dirasakan oleh Edi, pemilik jasa penggilingan daging Ar-Royyan yang berada di Pasar Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak puluhan masyarakat tengah mengantre untuk mendapatkan pelayanan. 

“Memang setelah pandemi ini meningkat, kalau seperti dulu kan kurang pelanggannya karena sekolah juga pada libur. Jadi, langganan yang biasa jualan di sekolahan atau tempat rekreasi itu libur, tapi sekarang sudah mulai bangkit lagi lah ekonominya,” ucap Edi kepada blokTuban.com, Rabu (13/7/2022). 

Terkait : olahan daging Nyabik ala Warung Mak Ti

Menurutnya, pada momentum Hari Raya Idul Adha tahun ini, jumlah masyarakat yang menggiling daging sangat meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya. Bahkan, dikatakannya jika peningkatannya sampai 100 persen. 

Pada momentum ini, lanjutnya, dalam sehari Edi dan sejumlah karyawannya mampu melayani sekitar 200 orang. Menurutnya, hal tersebut selalu terjadi setiap tahunnya, karena banyak masyarakat ingin mengolah daging kurban yang didapatkan menjadi bakso. 

“Kalau hari biasa sampai 50-60 orang, kalau Hari Lebaran inikan istilahnya dadakan jadi bisa sampai 200 orang. Kalau lebaran gini memang banyak soalnya banyak yang dapat daging kurban gratis,” jelasnya. 

Terkait : 40Kg Daging Biawak Habis Tiap Hari

Selain itu, untuk harga yang dipatok Hadi juga sangat terjangkau. Ia hanya mematok harga sekitar Rp3 ribu per kilogram, dan Rp10 ribu untuk 2 dan 4 kilogram dalam sekali penggilingan daging. 

Sementara itu, Nanda salah seorang masyarakat yang turut mengantre untuk menghaluskan daging ingin mengolahnya menjadi bakso. Jenis makanan tersebut menjadi salah satu menu favorite dari anak-anaknya. 

“Mau buat bakso jadinya giling daging dulu. Kebetulan kemarin dapat jatah daging kurban lumayan banyak, jadi anak-anak minta dibikinkan bakso,” katanya. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS