Ramai Kades di Tuban Dukung Ganjar Pranowo Capres 2024, Jubir Pemkab: Itu di Luar Kampanye

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Para kepala desa yang tergabung dalam Papdesi Tuban ramai diperbincangkan setelah deklarasi Des Ganjar di salah satu lapangan di Kecamatan Semanding pada 13 Juli 2022 kemarin. 

Munculnya dukungan tersebut, tak hanya direspon oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Tuban, Andi Hartanto. Pemerintah Kabupaten Tuban juga ikut menyikapi deklrasi yang dilakukan oleh para Kades di Tuban itu. 

Juru Bicara Pemkab Tuban, Arif Handoyo mengatakan, dalam Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 telah diatur tentang larangan kepala desa. Salah satunya mengikuti serta dan/atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan/atau pemilihan kepala daerah.

Terkait : Respon Ketua PDI Perjuangan Tuban Munculnya Para Kades Jadi Relawan Des ganjar

Dalam konteks deklarasi Des Ganjar itu, Arif melihat dari sudut pandang berbeda. Larangan Kades kampanye atau terlibat politik praktis, ketika sudah memasuki masa kampanye. 

"Itu kan bukan masa kampanye. Di UU yang diatur pada masa kampanye," tegas Arief yang juga Kepala Dinas Kominfo, Statistika, dan Persandian Tuban saat dimintai keterangan blokTuban.com, Jumat (15/7/2022). 

Senada dengan Ketua Deklarasi Des Ganjar Tuban, Hari Winarko. Kepala Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding itu, menilai salah kaprah adanya anggapan deklrasi Des Ganjar melanggar UU Nomor 6 tahun 2014. Dalam hal ini, tahapan Pemilu masih jauh dan dukungan Kades yang terwadahi Papdesi tidak dapat disalahkan. 

Terkait : Pasca Deklarasi Des ganjar di Tuban, Papdesi: Kami Pengagum ganjar Pranowo

"Kami hanya pengagum sosok Ganjar Pranowo. Sekilas profilnya luar biasa, banyak prestasi yang didapat dan ini berdampak positif bagi desa. Kami mengagumi Ganjar sejak menjadi DPR RI di mana waktu itu menjadi Pansus RUU Desa dan mengawal sampai tuntas," imbuhnya.

Hari juga menegaskan, bahwa Papdesi tidak ada kaitannya dengan partai politik. Papdesi hanya sebatas mengangkat sosok Ganjar Pranowo supaya elektabilitasnya meningkat. Terlepas dari itu, Hari tidak ada keterlibatan nantinya Parpol mana yang meminang Ganjar Pranowo dan apakah maju sebagai Capres di 2024. [Ali] 

Terkait : Tak Ada Jarak dengan Wong Cilik, Warga Tuban Beri Dukungan ke ganjar Pranowo

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS