Rakor di Surabaya, Kemenkopolhukam Bahas Kerawanan Pemilu 2024 di Jatim

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kerawanan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Jawa Timur menjadi fokus Deputi Bidang Organisasi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI.

Perhatian tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi kesiapan Provinsi Jawa Timur dalam pesta demokrasi dua tahun mendatang yang digelar di Quest Hotel Surabaya, Rabu (13/7/2022).

Asisten Deputi (Asdep) Bidang Organisasi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik Kemenko Polhukam RI, Brigjend TNI, Ahmad Rizal Ramdhani, mengatakan ada tiga provinsi yang menjadi perhatian Kemenkopolhukam yaitu, DKI, Jabar dan Jatim.

Terkait : SIPOL Belum Bisa Diakses Partai Politik Tuban, Ketua KPU Sarankan Ini

"Melalui rakor ini, kami berharap bisa mengetahui kesiapan Jawa Timur dan pada pelaksanaanya nanti berjalan aman dan lancar," ujarnya dalam Rakor dikutip dari laman Kominfo Jatim. 

Rakor juga bertujuan menyatukan persepsi dan langkah antara pemerintah pusat dan daerah menjamin terwujudnya stabilitas politik, hukum dan keamanan di Provinsi Jawa Timur selama tahapan Pemilu.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Khoirul Anam, menyampaikan, keberhasilan Jawa Timur dalam Pemilu selama ini karena kuatnya kolaborasi dan sinergitas antara KPU, Bawaslu, Pemprov Jatim serta stake holder terkait lainnya.

"Saat ini Jatim memiliki 129.302 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangkan jumlah pemilih menurut pemtakhiran data semester I/2022, yaitu 15.597.812 pemilih perempuan dan 15.112.255 pemilih laki-laki," sambungnya. 

Terkait : Ruang Sidang Bawaslu Tuban Belum Ada, Bawaslu Jatim Rekomendasikan Minta Pemkab

KPU Jatim bersama perangkat daerah di lingkugan Pemprov Jatim yang terkait, saat ini mulai menyosialisasikan Pemilu serentak 2024 mendatang. Sosialisasi dilakukan melalui berbagai cara. 

Dalam metode sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam memanfaatkan IT misalnya, antara lain dengan iklan medsos berbayar, lomba vlog, lomba foto selfie, lomba film pendek, kirim pesan kepada pemilih, pembuatan mini sudio, membuat aplikasi android dan smart phone, hingga webinar.

Menurut Khoirul Anam, sebagai bentuk implementasi semangat KPU Melayani Integritas 24 Jam dalam pemilu, maka sejak tanggal 22 Juni 2022 seluruh jajaran KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota melaksanakan Piket, termasuk di hari Sabtu dan Minggu dengan pembagian waktu 08.00-17.00 WIB  dan 17.00-08.00 WIB. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS