14:00 . Antibodi Penduduk Indonesia Naik 4 Kali Lipat   |   13:00 . Serunya Lomba Estafet Karet Gelang di Lapas Tuban   |   12:00 . Sabtu 13 Agustus 2022 : Beras, Minyak Goreng, Daging hingga Cabai di Tuban Turun Harga   |   11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pemilu 2024

SIPOL Belum Bisa Diakses Partai Politik Tuban, Ketua KPU Sarankan Ini

bloktuban.com | Tuesday, 28 June 2022 11:00

SIPOL Belum Bisa Diakses Partai Politik Tuban, Ketua KPU Sarankan Ini Ketua KPU Tuban, Fathul Ikhsan menyarankan Parpol untuk koordinasi dengan operator di DPP. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - KPU RI secara resmi meluncuran Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) pada 24 Juni 2022 lalu. Kendati demikian, aplikasi tersebut ternyata belum dapat diakses oleh partai politik di Kabupaten Tuban. 

Belum adanya username untuk mengakses SIPOL diungkapkan beberapa perwakilan Parpol yang datang di rapat koordinasi dan rekapitulasi pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan triwulan II bersama Bawaslu, partai politik, Dinas Dukcapil, Lapas, Polres, dan Kodim 0811 Tuban, Seniin (27/6) siang. 

Terkait : 305 Pemilih Meninggal, Ini Jumlah Pemilih di Tuban pada Juni 2022

Ketua KPU Tuban, Fathul Ikhsan mengatakan, tahapan Pemilu 2024 secara resmi dimulai pada 14 Juni 2022. Tahapan terdekat adalah pendaftaran partai politik yang dimulai pada 29 Juli dan jadwal parpol bisa mendaftar mulai 1-14 Agustus. 

"Kami informasikan ke Parpol terkait pendaftaran partai politik di Pemilu 2024 yang ingin mengikuti Pemilu. Meskipun Parpol lama atau baru harus mendaftar lagi," ujar Fathul Ikhsan. 

Terkait : Ruang Sidang Bawaslu Tuban Belum Ada, Bawaslu Jatim Rekomendasikan Minta Pemkab

Bagi Parpol yang sudah memiliki parlemen, lanjut Fathul hanya proses administrasi. Berbeda dengan parpol non parlemen, selain administrasi juga akan ada verifikasi faktual dari KPU Tuban. 

Terkait belum adanya akses ke SIPOL, ia juga menyarankan kepada parpol di Tuban untuk segera koordinasi dengan operator DPP-nya masing-masing. Harapannya ketika sudah memperoleh username dan pasword, persiapan input data pendaftaran sudah dimulai. 

Terkait : Dewan Pers Bersama Semua Konstituennya Bakal Gelar Pelatihan Pemberitaan Pemilu 2024

"Apabila ada informasi terbaru KPU Provinsi maupun Pusat, kami akan kembali undang Parpol terkait pendaftaran Pemilu 2024," imbuhnya. 

Sebelumnya, dalam peluncuran SIPOL melalui daring, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Idham Holik mengatakan dalam waktu dekat, KPU RI akan melaksanakan Tahapan Pemilu yaitu Pendaftaran Partai Politik yang akan dilaksanakan dalam 135 hari, yang akan dimulai pada tanggal 29 Juli 2022 sampai dengan 13 Desember 2022. 

Terkait : Bawaslu Tuban Kumpulkan Partai Politik di Hotel, Ada Apa?

Sedangkan Penetapan Peserta Pemilu pada tanggal 14 Desember 2022. Selain itu, aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) akan menjadi alat bantu yang akan digunakan.

"Pada tanggal 29 Juli 2022 tahapan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik akan dimulai. Tahapan tersebut akan dilaksanakan selama 135 hari. Pada tanggal 14 Desember 2022 KPU akan menetapkan Peserta Pemilu," katanya. 

Terkait : Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Bawaslu Tuban Tak Batasi Pendaftaran Jumlah Pemantau

Dalam pelaksanaan tahapan tersebut, KPU akan dibantu dengan aplikasi Sipol. Aplikasi ini dapat diakses oleh Partai Politik dan KPU di berbagai tingkatan. Aplikasi ini dapat diakses melalui sipol.kpu.go.id dan tentang tata cara/juknis (petunjuk teknis) pemakaian aplikasi tersebut akan disampaikan melalui website resmi KPU RI, yaitu kpu.go.id. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.

Tag : SIPOL, Parpol Tuban, Akses SIPOL, Tahapan Pemilu 2024, KPU Tuban, berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat