Sedekah Bumi di 3 Tempat, Warga Desa Magersari Tuban Sembelih 6 Ekor Kambing

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Masyarakat Dusun Juwet, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban melakukan tradisi tahunan yaitu sedekah bumi. Manganan tersebubt dilakukan di beberapa situs-situs yang di sakralkan oleh masyarakat Juwet.

Terdapat 3 tempat atau lokasi sedekah bumi di dusun setempat. Pertama, di Sumur Gede atau Pasar Juwet. Manganan yang digelar 2-3 Juni tersebut diisi dengan tahlilan dan doa bersama, serta pertunjukan kesenian langen tayub. 

Terkait : Air Sumur Tulong Makam Mbah Sopal Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Kedua, makam Islam pada 6 -7 Juni dengan acara tahlil, do'a bersama dan pengajian. Ketiga, makam Njiou pada  8 Juli 2022 yang juga diisi dengan do'a bersama dan tahlil. 

Uniknya, sedekah bumi di Dusun Juwet warga telah menyiapkan6 ekor kambing yang di sembelih oleh masyarakat setempat. Kambing tersebut kemudian dibagi ke tiga tempat tersebut untuk diolah dan nantinya di makan bersama oleh masyarakat Juwet.

Terkait : Gundukan di Makam Mbah Jipu dan Hama Tikus

“Sedekah bumi di Dusun Juwet dilakukan pada bulan Besar (Dzulhijjah) pada tempat tempat yang di sakaralkan,” ucap Hadi warga setempat kepada blokTuban.com, Jumat (8/07/2022).

Hadi menambahkan, masyarakat Juwet hari ini juga mengadakan sedekah bumi di Makam Jipu yang dilakukan setelah sholat Jumat. Manganan ini diikuti oleh semua lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewas. 

Terkait : Pantangan Menebang Pohon dan Berburu Burung di Area Makam Mbah Ubru

Makam Jipu sendiri memiliki banyak cerita di baliknya. Lokasinya yang rindang dipenuhi epohonan menjadikan tempat tersebut sangat teduh. Untuk menuju makam Jipu, pengunjung harus melewati jalanan tanah berukuran satu setengah meter di baratnya Balai Desa Magersari.

Hadi juga menambahkan, tujuan manganan sendiri sebagai wujud syukur atas segala rahmat, taufik dan hidayah darinya (Allah SWT). Selain itu, menjadi momen mengenang jasa para leluhur yang babat alas dusun.

"Terpentinig semoga Dusun Juwet dijauhkan dari musibah dan penyakit. Sekaligus menjadi dusun yang guyub rukun, gemah ripah lohjinawi toto tentrem kertoraharjo (pertanian subur makmur)," tutupnya. [Nur/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS