Pertunjukan Wayang Kulit di Manganan Syekh Maulana Iskhak Al-Maghribi Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Tradisi Manganan atau sedekah bumi merupakan kegiatan turun temurun yang masih tetap dilestarikan oleh masyarakat di Kabupaten Tuban hingga saat ini. Biasanya, kegiatan manganan ini diadakan setiap satu tahun sekali dengan diisi serangkaian acara yang menarik di dalamnya. 

Seperti halnya, kegiatan sedekah bumi (manganan) yang digelar oleh masyarakat Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban tepatnya di Area Makam Syekh Maulana Iskhak Al-Maghribi, setiap tahunnya tepatnya diawali pada Kamis Pahing. 

Terkait : Tradisi Manganan di Gedongombo Tuban, Ada Kucur hingga Rengginang

"Tradisi kita sedekah bumi ini dilakukan setiap satu tahun sekali. Kalau di sini pertamakali diawali di sumur tengah, Syekh Siti Jenar itu dimulai pada hari Kamis Pahing nggak tahu kalau bulannya, yang penting Kamis Pahing itu biasanya yang udah dilaksanakan," ungkap Ketua Lingkungan Dondong, Slam Riyadi Kepada blokTuban.com, Kamis (7/7). 

Adapun tradisi manganan di lingkungan ini sendiri, diisi dengan berbagai macam kegiatan mulai dari doa bersama, tahlil, pengajian, hiburan elektone, hingga pagelaran wayang kulit yang digelar selama semalam suntuk. 

Terkait : Manganan di gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur

Selain untuk menghibur masyarakat, pagelaran wayang kulit ini, juga dilakukan guna melestarikan dan mengangkat kesenian yang ada di Kabupaten Tuban. 

"Pagelaran Wayang Kulit diadakan mulai siang sampai malam. Sekarang sedekah bumi dulu kalau sudah selesai baru dimulai pertunjukan wayangnya," jelasnya. 

Sedangkan Ketua RW 08 Desa setempat, Puji Prasetyo berharap nantinya tradisi atau budaya ini akan tetap lestari dikalangan masyarakat. 

Terkait : Tumpah Ruah 1.700 Warga gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi

"Harapannya budaya ini jangan sampai punah, karena ini adalah kegiatan dari zaman dahulu dan kita berharap bisa terus dilestarikan dan banyak warga yang berharap ini tetap kita lestarikan," katanya. 

Sekedar diketahui, untuk memeriahkan tradisi manganan tersebut, masyarakat Kelurahan Gedongombo mengundang dalang kondang di Kabupaten Tuban yaitu Ki Buntas Pradoto dari Kecamatan Tambakboyo dan diiringi seni Karawitan dari Sanggar Kusumo Carito. [Sav/Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS