Jelajahi Pesona Pantai, Ini 7 Rekomendasi Pantai Paling Cantik di Tuban Cocok untuk Liburan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memiliki destinasi wisata pantai yang menakjubkan dan cantik untuk liburan, dibanding kabupaten/kota di Jawa Timur lainnya. Tak heran, jika saat liburan tiba seperti saat ini, banyak pengunjung yang datang untuk bersantai bersama keluarga, Minggu (3/7/2022). 

Ada tujuh rekomendasi pantai paling cantik di Tuban, yang mungkin cocok untuk liburan bersama keluarga anda. Menjelajahi ketujuh pantai Tuban ini, membuat kalian tidak rugi dan cocok menghabiskan liburan keluarga.

Terkait : 10 Tempat Camping terbaik di Tuban yang Lagi Hits (2022)

blokTuban.com telah merangkum tujuh pantai paling cantik di Tuban dan cocok untuk liburan tahun 2022:

1. Pantai Semilir

Menjadi satu-satunya wisata pantai yang gratis, Pantai Semilir yang berada di sebelah utara Jalur Pantura Tuban KM 23 Desa Socorejo, Kecamatan Jenu ramai dikunjungi wisatawan di saat liburan awal tahun 2022. 

Pantai sepanjang 1,2 Kilometer dan luas lima hektare tersebut, memiliki kapasitas 10.000 pengunjung dalam sehari. Di sini hanya dikenakan karcis parkir saja. Untuk kendaraan roda dua Rp2.000, mobil pribadi Rp10.000 dan bus pariwisata Rp20.000.

Daya tarik lain adalah pasir yang halus dan bersih, angin sepoi-sepoi, pohon cemara yang rindang dan banyak permainan anak seperti perahu karet, banan boat dan ATV. Ditambah fasilitas toilet, musala dan aula yang memadai dan terawat membuat para pengunjung betah. 

Terkait : 7 Oleh-Oleh Khas Tuban yang Wajib Diborong Saat Liburan

2. Pantai Sowan 

Pantai Sowan merupakan salah satu pantai yang berada di Bumi Ranggalawe, sebutan Kabupaten Tuban yang menawarkan banyak keindahan. Selain sebagai tempat wisata yang cocok untuk anak muda, Pantai Sowan juga menawarkan berbagai view foto yang sangat menarik.

Tempat ini sering juga dikunjungi pasang pengantin untuk melakukan fofo prawedding. Selain itu Pantai Sowan juga digunakan bersandar kapal-kapal kecil yang ada di daerah Bulu dan sekitarnya.

Pantai Sowan sendiri terletak di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Tuban, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 07.00–17.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 12.000 Saat libur. Tarif parkir berkisar Rp 2.000–Rp 20.000.

3. Pantai Surindah

Letaknya Pantai Surindah berada di Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah saja, suasana pantai yang bersih hingga semilir angin yang sejuk, membuat pantai ini ramai dikunjungi wisatawan untuk sekedar bermain dan mengabadikan foto bersama. 

Letak pantai yang berada di samping jalan utama atau jalan pantura Surabaya-Semarang, membuat Pantai Surindah sangat mudah ditemukan. Kendati demikian, untuk dapat menikmati keindahan lautnya pengunjung juga tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. 

4. Pantai Pasir Putih Remen

Pantai Pasir Putih berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Tuban. Pantai yang berada di Tanjung Awar-awar Tuban ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat seru untuk dijadikan tempat berlibur yang sayang untuk dilewatkan. 

Hantaran pantai dengan suasana indah laut yang dibalut dengan butiran pasir putih ini, tidak kalah dari pantai-pantai yang ada di Bali. Di wisata ini masih belum dikenakan tiket pengunjung. Tiket hanya berlaku untuk kendaraan saja, misalnya motor Rp5 ribu, mobil Rp15 ribu, bis besar Rp100 ribu, bis kecil Rp50 ribu, dan elf Rp25 ribu. 

5. Pantai Sumur Pawon

Pantai Sumur Pawon letaknya di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Tuban. Pantai yang lagi ngehits ini juga sering dipakai untuk kegiatan pemuda dan camping keluarga. Penghijauan di pantai ini terus dilakukan, sembari melengkapi fasilitas yang dibutuhkan pengunjung untuk berlibur. 

6. Pantai Cemara Sugihwaras

Pantai yang terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Tuban ini, selain menyuguhkan panorama pantai yang indah, berbagai fasilitas lengkap sudah tersedia seperti spot foto, wahana permainan, stand makanan, hingga gazebo untuk bersantai. Tak heran, jika pantai ini selalu membludak jika musim liburan tiba. 

Harga tiket masuk Pantai Cemara tergolong sangat murah, yaitu Rp3 ribu untuk satu motor yang datang. Harga ini sangat terjangkau dan cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga

7. Pantai Kelapa

Pantai Kelapa yang terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban atau 3 Kilometer ke arah timur dari Pusat Kota Tuban. Di sepanjang jalan Pantai yang dikenal dengan seribu pohon kelapa ini, nampak ribuan wisatawan menikmati suasana laut sambil berselfie ataupun bermain air. Namun, ada pula sebagian pengunjung yang duduk santai sambil menikmati jamuan makanan dan minuman yang telah tersedia di sepanjang wisata ini. 

Pada saat liburan panjang ini harga tiket masuk yang disediakan tidak berubah dengan hari-hari biasanya, yaitu Rp10 ribu untuk satu orang pengunjung. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.