19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ramai Tilang Elektronik Bikin Resah Warga Tuban, DPRD Minta Bupati Komunikasi dengan Polres

bloktuban.com | Friday, 01 July 2022 11:00

Ramai Tilang Elektronik Bikin Resah Warga Tuban, DPRD Minta Bupati Komunikasi dengan Polres Ketua DPRD Tuban, Miyadi menyoroti kebijakan E-Tilang yang meresahkan warga Tuban. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tilang Elektronik atau sering disebut E-Tilang menjadi salah satu catatan dari Fraksi PKB DPRD Tuban yang disampaikan pada rapat paripurna, Kamis (30/6) siang. Catatan tersebut diberikan karena ramai di sosial media dan membuat resah warga di Kabupaten Tuban. 

Ketua DPRD Tuban, Miyadi mengatakan, fraksi PKB memberikan beberapa catatan kepada Pemkab salah satunya adalah tilang online atau E-Tilang. Ia meminta Pemkab dalam hal ini Bupati Aditya Halindra Faridzki untuk berkomunikasi dengan Polres Tuban, prosesnya bagaimana supaya kebijakan tersebut tidak memberatkan masyarakat di tingkat bawah. 

Terkait : tilang Elektronik di Tuban Baru Mobil INCAR, Polisi Tepis Kabar Berfungsinya 2 Kamera CCTV yang Terpasang

"Melalui komunikasi itu, kami legislatif ingin persoalan E-Tilang ini diselesaikan baik-baik. Secara prinsip, DPRD sepakat dengan penertiban pelanggar lalu lintas baik R2 maupun R4," ujar Miyadi ketika diwawancarai blokTuban.com, Jumat (1/7/2022).

Politisi senior di Tuban itu, juga mendorong sosialisasi E-Tilang lebih dimasifkan supaya informasi atau jenis pelanggaran bisa dipahami oleh masyarakat di 20 kecamatan. Ketika program tilang online itu kurang disosialisasikan, maka warga akan kaget dan menjadi beban hidupnya. 

Terkait : Heboh Terima Surat tilang, Pemilik Motor di Tuban Cerita Nopol Sama, Ini Saran dari Polisi

"Edukasi dan sosialisasi harus diutamakan bagi program baru. Supaya masyarakat di tingkat bawah tidak kaget dan memicu persoalan baru di lapangan," imbuhnya. 

DPRD juga menambahkan, bahwa saat ini ekonomi masyarakat baru mulai berkembang setelah hantaman pandemi Covid-19 selama dua tahun. Di kala endemi sekarang ini, pelaksana E-Tilang harus bekerja keras supaya program baik tersebut dapat diterima oleh masyarakat. 

Terkait : Awas! tilang Hasil Rekam Mobil INCAR Tak Kunjung Dibayar, STNK Terancam Diblokir

Meresppon permintaan legislatif, Bupati Tuban, Lindra mengaku sudah sering komunikasi dengan Kapolres Tuban. Setelah ini, kebijakan E-Tilang akan dievaluasi karena program tersebut dari pusat. 

"Polres hanya menjalankan program E-Tilang. Intinya polisi sudah mendengarkan aspirasi dari warga dan evaluasi tersebut akan dilakukan untuk kebaikan bersama," sambung Bupati muda itu. 

Lindra menekankan, bahwa kebijakan baru termasuk E-Tilang memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif. Khususnya E-Tilang di Tuban, Pemkab sudah menyampaikan ke Polres untuk diadakan evaluasi. 

Terkait : Dua Pekan Mobil INCAR Beroperasi di Tuban, Petani Merasa Butuh Sosialisasi Supaya Tak Ketilang

Sekedar diketahui, E-Tilang di Kabupaten Tuban pelaksanaannya di lapangan menggunakan mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR). Kendaraan tilang yang diuji coba sejak 14 Juni 2022 itu, kini setiap hari merekam pelanggaran lalu lintas di 20 kecamatan hingga pedesaan. 

Pelanggaran lalu lintas yang ditindak seperti tidak memakai helm, melawan arah, dan menerjang marka tanpa diketahui oleh pelanggarnya. Mereka yang terekam kamera mobil INCAR baik dari sisi depan maupun belakang, akan dikirimi surat tilang melalui petugas POs. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.

 

Tag : E-Tilang Tuban, resahkan warga Tuban, DPRD Tuban, Bupati Lindra, Polres Tuban, Mobil INCAR



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat