Di Tes Urine, Jurnalis Tuban Bebas Narkoba, BNNK : Ini Contoh untuk Publik

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 18 jurnalis dari media cetak, online, hingga televisi telah selesai menjalani tes urine di Kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban, Senin (20/6/2022) siang. 

Kegiatan skrining pencegahan penyalahgunaan penggunaan Narkoba itu digelar, dalam mendukung Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2022 yang digelar BNKK Tuban. 

"Hasilnya negatif. Kami ajak jurnalis tes urine supaya publik tahu kalau pencegahan narkoba dilakukan ke semua kalangan," kata Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana kepada blokTuban.com. 

Baca Juga : 2,5 Persen Penduduk Jatim Pernah Gunakan Narkoba, Forkopimda dan Pesepeda Tuban Tolak Narkoba

Made menambahkan, bahwa BNNK terus bersinergi dengan jurnalis di Kabupaten Tuban. Wujud kolaborasi di hari keprihatinan penyalahgunaan Narkoba atau dikenal HANI itu, maka dilakukan tes urine bersama-sama. Bagi jurnalis yang belum mengikuti tes urine, disilahkan untuk datang langsung ke kantor BNNK.

BNNK bersama Forkopimda Tuban juga telah berkomitmen untuk menolak narkoba. Hal tersebut digaungkan dalam rangkaian acara HANI fune bike bertajuk War On Drugs di GOR bersama 3,000 pesepeda pada Minggu (19/6) pagi. 

Baca Juga : Dukung HANI 2022, Jurnalis Tuban Jalani Tes Urine

"Upaya pencegahan Narkoba telah dipatenkan secara nasional melalui strategi khusus. Contohnya di Tuban dengan melalui Desa Bersinar, BNNK memberdayakan SDM desa untuk aktif berperang melawan narkoba," jelas pria asal Bali itu.

Soal trend penggunaan Narkoba di Kabupaten Tuban, Made menganalogikan seperti gunung es. Terhitung mulai Januari-Juni 2022, baru ada 15 kasus yang ditangani BNNK dan penggunanya telah direhabilitasi gratis. Naik dari tahun sebelumnya yaitu 14 kasus. 

Diakui oleh Made, bahwa pecandu narkoba di Tuban masih sulit untuk sukarela mengikuti rehabilitasi. Tidak ada sanksi atau hukuman bagi pecandu, selama dirinya tidak terafiliasi terhadap jaringan Narkoba. 

"Kalau pecandu tidak ada barang bukti dan tidak terikat jaringan, maka akan dilindungi BNNK," terangnya.

Baca Juga : P4GN Masuk Kurikulum Sekolah dan Madrasah 

Mewakili jurnalis Tuban, Dion Fajar Arianto berterimakasih kepada BNNK karena melalui skrining tes urine, jurnalis Tuban terbukti bersih dari penyalahgunaan narkoba. Upaya baik ini disarankan olehnya untuk rutin dilakukan. 

"Rata-rata jurnalis Tuban baru pertama kali ini ikut tes urine. Alhamdulillah hasilnya negatif," sambung Sekretaris Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban itu. 

Selain fun bike, rangkaian HANI 2022 yang tahun ini dipusatkan di Bali, masyarakat Tuban juga diajak BNNK untuk ikut lomba Tik tok, senam bersinar, pencanangan desa bersinar, dan kegiatan edukatif lainnya. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.