Nasib Apes Spesialias Maling Toko Buku Pustaka 2000 Tuban, Tertangkap Sebelum Lolos ke Lamongan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Nasib apes dialami spesialis maling toko buku yang beroperasi menggunakan mobil Avanza dengan Nopol B 2810 KMI. Mereka akhirnya tertangkap di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Kamis (16/6) kemarin. 

Penangkapan tersebut dilakukan oleh Patwal Sat Lantas Polres Tuban bekerjasama dengan jajaran Polsek Palang. Diketahui spesialis maling buku tersebut, habis menyatroni sebuah toko buku di Jalan Basuki Rahmat Tuban. 

Kronologi pengejaran pelaku pencurian buku, menurut Anam salah satu warga yang mengejar pelaku berawal dari teriakan maling penjaga toko Pustaka 2000 sambil mengejarnya. Setelah itu, petugas Satlantas Polres Tuban yang berada di Pos Boom Tuban mendapat laporan adanya maling buku. 

Baca Juga : Terekam CCTV, Ini Ciri-ciri maling Isi Kotak Amal di Masjid Jenu

“Awalnya saya melihat para penjaga toko mengejar pelaku sambil teriak maling-maling. Tapi pelakunya berhasil kabur dengan mobil yang diparkir di sebelah lampu merah, jaraknya lumayan jauh dari toko,” terang Anam, salah satu warga yang ikut mengejar komplotan pencuri itu.

Beruntung saksi yang tahu pelaku sudah masuk mobil, sempat mencatat plat mobilnya. Setelah itu, dilaporkan ke Pos Lalu Lintas Boom di utara Alun0alun Tuban Jalan PB Sudirman Tuban. 

Baca Juga : 2 Kotak Infak Makam di Plumpang Dibobol maling

Koordinasi pun langsung dilakukan oleh Patwal Satlantas Polres Tuban dengan Polsek Palang untuk melakukan penghadangan. 

“Dikejar ke arah timur, akhirnya tertangkap di Palang. Di mobil ada empat orang, tapi yang saya lihat pas dikejar keluar dari toko satu orang,” sambung warga yang ikut melalukan pengejaran itu.

Baca Juga : Terekam CCTV, maling di Tuban Gasak Dua Motor Milik Polisi

Petugas dari tim Resmob Sat Reskrim Polres Tuban yang datang di lokasi penangkapan langsung melakukan penggeledahan. Hasilnya, polisi menemukan sejumlah buku bacaan yang diduga dari hasil pencurian di beberapa toko, tidak hanya di Tuban.

“Dari hasil pemeriksaan, mereka melakukan pencurian di toko buku. Para pelaku saat ini diamankan di Polres Tuban untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” jelas Kasat Reskrim Polres Tuban AKP M Gananta, saat dikonfirmasi. [Ali]

Temukan Konten Berita Tuban Menarik Lainnya di Google News.