Terekam CCTV, Ini Ciri-ciri Maling Isi Kotak Amal di Masjid Jenu

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Aksi maling isi kotak amal di Masjid Rohmat jalan Raya Jenu, Dusun Bogang, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban terekam kamera pengawas (CCTV). Video pencuri berdurasi 2 menit lebih itu viral di sosial media. 

Dalam video pendek itu, maling menguras isi kotak amal masjid seorang diri. Diduga kejadian tersebut berlangsung pukul 02.00 Wib, Minggu (29/5/2022). Hingga sekarang belum diketahui identitas maling tersebut. 

Kendati demikian, pengurus masjid telah mengetahui ciri-ciri maling isi kotak amal itu. Di mana pria tersebut mengenakan celana hitam, berjaket merah muda atau pink, bermasker hitam, dan membawa tas ransel hitam. 

Melihat dari aksinya, maling tersebut diduga sudah terbiasa karena tanpa canggung mampu menghindari kamera CCTV. Selain itu, seolah sudah memahami lingkungan masjid sepinya jam berapa. 

Sebelum mencongkel gembok kotak amal berwarna hijau itu, maling tersebut pertama mengintai dari balik jendela. Dirasa situasi aman, kemudian ia bergegas keluar kemudian mengangkat kotak amal dan dibongkar di dalam masjid. 

Dari cara memilih tempat membongkar isi kotak amal, maling diduga kuat telah memonitor letak CCTV. Sehingga pengurus masjid tidak bisa melihatnya jelas. 

Adanya aksi maling kotak amal, Kapolsek Jenu, AKP Gunawan mengaku belum ada laporan yang masuk dari masyarakat atas kejadian pencurian kotak amal tersebut. 

"Diharapkan warga segera melaporkan kejadian ini agar ada penanganan lebih lanjut,” ujar Kapolsek Gunawan kepada blokTuban.com.

Selain belum diketahui identitas maling tersebut, juga belum diketahui berapa jumlah kerugian masjid dari pengurus masjid yang terletak di tepi jalur Pantura tersebut. [Nur/Ali]