10:00 . Lirik dan Chord Lagu Alun-Alun Nganjuk - Denny Caknan Feat Yeni Inca | Trending Youtube DC Production   |   09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kenapa Pemkab Tuban Tak Jalankan Rekomendasi KASN?

bloktuban.com | Friday, 17 June 2022 09:00

Kenapa Pemkab Tuban Tak Jalankan Rekomendasi KASN? Kunjungan kerja Komisi 1 DPRD Tuban ke Kantor BKN Jakarta. (dok.blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyanyangkan keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban atas tidak dilaksanakannya rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sejatinya, apapun rekomendasi yang di produk oleh lembaga yang berwenang maka yang bersangkutan harus menjalankannya.

Respon BKN terhadap sikap Pemkab Tuban, setelah Pemkab Tuban mengabaikan surat BKN tertanggal 25 april 2022 sifatnya penting perihal klarifikasi mutasi dan rotasi ASN Kabupaten Tuban.

Baca Juga : Tim Investigasi KASN akan Turun ke Tuban, Ada Apa?

Kekecewaan BKN itu disampaikan saat Komisi I DPRD Tuban melakukan kunjungan kerja ke Kantor BKN Jakarta, Kamis (16/6) siang. Ketua Komisi I DPRD Tuban, Fahmi Fikroni mengatakan, BKN mempunyai fungsi pengawasan dan pengendalian bisa memblokir kenaikan pangkat/golongan apabila dalam proses pengangkatannya tidak seauai ketentuan peraturan perundang undangan.

"Misalnya ada ASN yang semula eselon 3 turun pada eselon 4 di mana pada eselon 3 tidak di temukan pelanggaran (demosi), hal tersebut tidak sesuai Norma, Standard, Prosedur dan Kreteria (NSPK)," ujar Fahmi Fikroni kepada blokTuban.com, Jumat (17/6/2022). 

Politisi dapil 5 Tuban itu, menambahkan bahwa terhadap ASN yang turun itu oleh BKN tetap diakui eselon 3 (sesuai asal eselon) dan ASN yang naik eselon (melanggar NSPK) maka tidak diakui dan tidak mendapatkan hak haknya sebagai eselon yang lebih tinggi / yang di duduki saat ini atau masuk kategori blokir.

Baca Juga : Komisi ASN Surati Bupati Tuban, 28 ASN yang Dimutasi Berpeluang Kembali ke Jabatan Awal

Merespon hal tersebut, Juru Bicara Pemkab Tuban, Arief Handoyo menampik penilaian bahwa Pemkab Tuban mengabaikan surat BKN tertanggal 25 april 2022 sifatnya penting perihal klarifikasi mutasi dan rotasi ASN Kabupaten Tuban.

"Ya tidaklah kalau mengabaikan. Justru Pemkab ini ingin memperjelas terjadinya mutasi," tegas Kepala Diskominfo, Statistika, dan Persandian Tuban itu. 

Arif menambahkan, bahwa mutasi yang dilakukan Pemkab Tuban di era Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky telah sesuai ketentuan dan melewati kajian tim. 

"Bukan masalah keliru atau tidak keliru. Pemkab melakukan mutasi sudah sesuai ketentuan," bebernya. 

Baca Juga : Dikunjungi DPRD, Tim BKN akan Investigasi Penataan Birokrasi Tuban

Diberitakan sebelumnya, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan rekomendasi kepada Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), untuk mengembalikan ASN yang didemosi pada 8 Januari 2022 untuk dikembalikan ke jabatan sebelumnya atau yang setara. 

Melalui suratnya, Wakil Ketua, Komisi Aparatur Sipil Negara, Tasdik Kinanto mengatakan, ketika terjadi demosi pada tanggal 8 Januari 2022, dilakukan tanpa adanya dokumen Surat Keputusan, namun sebanyak 30 (tiga puluh) orang PNS, diberikan Surat Keputusan Pengangkatan kembali pada akhir Januari 2022 pada jabatan baru, yang lebih rendah dari jabatan sebelumnya. [Ali]

 

Tag : Rekomendasi KASN, BKN kecewa, Komisi 1 DPRD Tuban, Pemkab Tuban, Mutasi ASN, berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat