17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Harga Cabai di Tuban Melonjak, Petani: Dipengaruhi Cuaca dan OTP

bloktuban.com | Friday, 10 June 2022 12:00

Harga Cabai di Tuban Melonjak, Petani: Dipengaruhi Cuaca dan OTP Harga cabai di Tuban melonjak. (Foto: Dwi/blokTuban.com)

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Terjadinya lonjakan harga komoditas cabai dalam kurun waktu beberapa minggu terakhir cukup meresahkan masyarakat konsumen cabai rawit khususnya, termasuk di Kabupaten Tuban. 

Informasi yang dihimpun blokTuban.com dari akun instagram Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov  Jatim) @jatimpemprov menyatakan ada dua penyebab kenaikan harga cabai.  

baca juga: Ini yang Dilakukan Pemprov Jatim Atasi Lonjakan Harga Cabai di Sejumlah Daerah, Salah Satunya Tuban yang Masuk 5 Besar

Penyebab pertama dikatakan lantaran curah hujan tinggi menimbulkan serangan penyakit pada tanaman cabai. 

Sedangkan yang kedua, penyebab kenaikan lonjakan harga cabai rawit adalah adanya serangan Organisme Pengganggu tanaman (OPT) terhadap tanaman cabai. 

Berdasarkan data tersebut, saat blokTuban.com mengkonfirmasi hal tersebut, petani cabai di Tuban Yuda (36) dan Sugi (45) mengatakan hal senada seperti pernyataan Pemrpov Jatim tersebut.

"Harusnya musim kemarau tapi hujan terus menyebabkan buah cabai terserang hama lalat buah," kata Yuda asal Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban pada Jumat (10/6/2022).

baca juga: 5 Kabupaten Produsen Cabai Tertinggi di Jatim, Salah Satunya Tuban

Menurutnya berbagai upaya pengobatan dan perawatan tidak mempan ketika lalat  atau OTP sudha menjangkiti buah cabai. Meski pohon cabai tumbuh segar namun buah yang dihasilkan busuk dari dalam.

baca juga: Wabup Riyadi Gagal Berangkat Haji Bersama 446 CJH Tuban Kloter 1, Ini Kata Bupati Lindra

Curah hujan dengan intensitas sering saat musim kemaru atau kemarau basah menjadi sumber penyakit bagi tanaman cabai. Jika hama menyerang tanaman cabai otomatis satu kebun akan terserang penyakit dan mengalami gagal panen. [Dwi]

 

Tag : cabai mahal, Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat