Fix! Tak Ada Kelanjutan Sisa Proyek Ring Road Tuban di Tahun 2022

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Upaya Pemerintah Kabupaten Tuban mengejar kelanjutkan proyek Ring Road Tuban tahap 2 belum membuahkan hasil. Sepanjang tahun 2022, dipastikan tidak ada kelanjutan sisa pembangunan jalur lingkar selatan sepanjang 5,2 Kilometer. 

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPR, PRKP) Tuban, Agung Supriyadi kepada blokTuban.com, Jumat (10/6/2022). 

Selama ini, Agung mengaku terus menjalin komunikasi dengan Kementrian PUPR melalui PPK 4.4 sebagai pihak yang menangani di lapangan. Hingga tengah tahun 2022, belum ada informasi keberlanjutan sisa ring road yang dijanjikan didanai oleh APBN. 

"Belum ada info dari PPK 4.4 yang menangani kelanjutan Pembangunan Jalan Lingkar," ujar Agung.

Baca Juga ; Tersisa 5,2 Kilometer, Pemkab Tuban Kejar Kelanjutan Jalan Ring Road Tahap 2

Pria ramah ini menambahkan, beberapa waktu lalu pihaknya mengaku baru saja dimintai data-data pendukung untuk perencanaan pembangunan jalan lingkar tahun 2023. Besar kemungkinan pembangunan sisa proyek ring road yang tinggal kurang dari 6 Km itu akan dikerjakan di tahun depan. 

"Semoga saja tahun 2023 dikerjakan sisanya," harapnya. 

Jalur Ring Road yang sudah dibangun pada tahun 2021, kata Agung panjangnya kurang lebih 7,6 Kilometer. Mulai dari pertigaan Tunah, sampai Kecamatan Semanding. 

Sedangkan sisanya yang belum jelas kelanjutannya, mulai dari Kecamatan Semanding sampai perempatan SMPN 4 Kecamatan Tuban. Ditambah dua Km lebih sampai Jalan Soekarno-Hatta Tuban. 

Pembangunan Ring Road Tuban sendiri telah dimulai sejak tahun 2015. Waktu itu, Pemkab Tuban telah memulai pembebasan lahan JLS dengan panjang hampir 13 Km dan lebar 32 meter. Total luasanya 37.769 M² dan menghabiskan dana sekitar Rp 153 miliar.

Dari APBD Tuban jalan lingkar menyerap Rp300 miliar, terhitung dari pembebasan lahan hingga pekerjaan fisik satu sisi. Awalnya Kementerian PUPR meminta Pemkab Tuban di pembebasan lahan tapi belakangan pekerjaan fisik juga ditangani Pemkab. [Ali]

 

Dapatkan berita Tuban menarik lainnya DI SINI