12:00 . Sabtu 13 Agustus 2022 : Beras, Minyak Goreng, Daging hingga Cabai di Tuban Turun Harga   |   11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

6 Cara Menanam Udang di Tambak Agar Hasilnya Melimpah

bloktuban.com | Wednesday, 08 June 2022 11:00

6 Cara Menanam Udang di Tambak Agar Hasilnya Melimpah Ilustrasi udang tambak. (Istimewa)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Udang merupakan sebuah komoditas yang sangat di cari untuk di konsumsi. Selain rasanya yang gurih udang juga memiliki banyak manfaat, kendati demikian memakan udang terlalu banyak juga tidak bagus juga karena mengandung kolesterol yang tinggi, Rabu (8/6/2022). 

Bagi masyarakat yang memiliki lahan kosong, tentu bisa sebagai ditanami udang karena selain dapat dikonsumsi sendiri udang juga memiliki harga yang cukup menjanjikan. Di mana udang sebanyak 66 ekor atau satu kilogram harganya 60.000 rupiah. Selain itu, keuntungan yang didapat juga bertambah banyak seiring kondisi udang yang semakain besar.

Bagi pemula yang ingin mencoba budidaya udang, ini ada sedikit tips dari Sholikin (40), seorang petani tambak udang di Desa Compreng, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Pria ramah ini bercerita bagaimana menanam udang di tambak, pertama yaitu menyiapkan lahan tambak atau kolam yang sudah berisi air. 

 

Baca Juga: Kreatif! Ubah Sawah Jadi Tambak, Petani di Tuban Panen Ikan dan Udang

Kedua, biasanya dalam satu hektar akan diisi dengan 20 rean bibit udang. Bagi yang masih awam, bahwa satu rean sama dengan 5.000 ekor ikan/udang. Langkah selanjutnya, sebelum bibit udang ditebar harus di karantina dulu di tambak tersebut (ditanjar) dengan cara membuat pembatas dari waring hijau. 

"Agar udang tidak menyebar dulu caranya bisa dikasih garam kasar secukupnya," ujar Sholikin.  

Setelah 5 harian, lanjutnya udang sudah bisa dilepas dari tanjaran dan tinggal mengelola air dengan pupuk. Hal penting yang tidak boleh diabaikan, yakni jangan sampai air terlalu hijau atu kuning.

“Biasanya jika udang sudah berumur 70 hari itu bisa dipanen dengan cara di jala,” ucapnya.

 

Baca Juga : Kemarau Tiba, Petani Tuban Sulap Tambak Jadi Areal Sawah

Sholihin menambahkan, alasan pemanenan di usia 70 hari agar sisa udang yang ada bisa tumbuh dengan besar. Untuk hasil dalam satu reannya tersebut tidak bisa di pastikan, karena terkadang dalam 20 rean bisa mendapatkan 150 Kg.

"Itu sudah bagus sekali kadang ya 20 rean gak dapat apa-apa ya memang belum rezeki," tutupnya. [Nur/Ali]

 

Tag : Tuban, udang Tuban, tambak Tuban, 6 tips tanam udang, hasil melimpah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat