21:00 . Tarik Investasi, SKK Migas Jadwalkan Konvensi Hulu Migas   |   20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Penyuluh Agama PAW Terima SK

bloktuban.com | Tuesday, 07 June 2022 15:00

Penyuluh Agama PAW Terima SK TERIMA SK : Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban Muntafarida menyerahkan SK pada Penyuluh Agama

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Sebanyak 15 orang penyluh agama non pegawai negeri sipil (PNS) menerima surat keputusan (SK) pengangkatan. Mereka berasal 11 kecamatan di Kabupaten Tuban. SK pengangkatan diserahkan langsung Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Tuban Ahmad Munir, Selasa (7/6/2022).

Pemnyeran SK dilaksanakan di gedung DPRD Tuban. Kepala Kemenag didampingi Kasi Bimas Islam, dan Ketua APRI (Assosiasi Penghulu Republik Indonesia) Cabang Tuban.

Di hadapan 180 an undangan, yang terdiri dari Penyuluh Agama Islam, Ahmad Munir menyampaikan terimakasih kepada Ketua DPRD Kabupaten Tuban yang diwakili oleh Sekretaris Komisi IV atas fasilitas gedung untuk acara para penyuluh agam atersebut.

Selain itu, pria asal Kota Ledre ini membeberkan, ada tiga tugas Penyuluh Agama Islam. "Pertama membimbing umat, memberikan gagasan pembangunan masyarakat dengan bahasa agama dan yang  ketiga menciptakan kerukunan umat beragama," paparnya.

Menurutnya, banyak garapan penyuluh yang sederhana yang harus dilakukan kepada masyarakat bawah. 

"Bukan bimbingan di dalam gedung yang megah saja, tapi harus menyentuh sampai bawah yang sifatnya personal. Dan yang tak kalah penting performance penyuluh harus meyakinkan," lanjut Munir.

Penyuluh Agama Islam, lanjut Munir, baik fungsional maupun non fungsional sebagai warga Kemenag harus menerapkan lima budaya kerja, yakni memiliki integritas, inovatif, tanggungjawab dan mempunyai keteladanan atau uswatun khasanah. 

"Jadikan pekerjaan sebagai wasilah mengabdi kepada bangsa dan negara," tandasnya.

Mengenai perekrutan Penyuluh Agama Islam non fungsional pengganti antar waktu (PAW) ini, Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban Mashari menjelaskan, sudah dilakukan uji kompetensi dan penyaringan yang ketat. 

"Uji kompetensi yang dilakukan, ada tes tulis, tes baca Al-Qur'an dan tes wawasan kebangsaan," jelasnya. 

Ia mengimbau kepada para penyuluh yang baru dari 11 kecamatan ini  segera bergabung dan koordinasi untuk meningkatkan kerjasama dengan PAIF, Kepala KUA, dan stakeholder terkait.

Pria asal Lamongan ini juga menginformasikan, berdasarkan Kepdirjen Bimas Islam no 412 tahun 2022 tentang Pegawai Pembantu Pencatat Nikah, Kemenag akan merekrut PPPN di kecamatan dari penyuluh agama pada KUA yang tidak ada penghulunya. 

"Akan dilakukan uji kompetensi untuk para penyuluh di KUA yang tidak ada penghulunya yakni Montong, Singgahan, Senori dan Kenduruan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban, Muntafarida, mengatakan gedung DPRD ini adalah gedung rakyat, maka sudah selayaknya dipergunakan oleh rakyat. Ia berharap di tahun 2024 gedung ini akan diisi oleh  orang-orang yang faham agama. 

"Insyaallah kalau anggota dewan faham agama akan amanah, semoga tahun 2024 ada yang menyusul, dan menjadikan anggota DPR yang lebih bermartabat," harapnya.

Politisi asal Jenu ini juga menyampaikan, DPRD membuka pintu lebar untuk menyampaikan semua ganjalan dan aspirasi rakyat dan akan disampaikan ke pemerintah daerah.[ono]

 

Tag : penyuluh agama, kemenag, sk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat