19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |   05:00 . Polisi Minta Petani Lapor Jika Temukan Penjualan Pupuk Subsidi di Atas HET   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sejumlah Nelayan Palang Nekat Melaut Meski Ancaman Ombak Tinggi

bloktuban.com | Thursday, 26 May 2022 18:00

Sejumlah Nelayan Palang Nekat Melaut Meski Ancaman Ombak Tinggi Perahu nelayan di Kecamatan Palang, Kabupaten TUban sedang bersandar. (Foto: Vir/blokTuban.com)

Reporter: Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Sejumlah nelayan di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban nekat melaut dengan ancaman ombak tinggi. Hal tersebut terpaksa dilakukan karena melaut adaalh sumber mata pencaharaian mayoritas masyarakat yang tinggal di dekat pesisir laut.

Terlihat perahu para nelayan setempat terombang-ambing dihempas oleh gelombang laut tinggi. Dari pantauan blokTuban di lokasi, nampak sejumlah nelayan tetap nekat untuk mencari ikan dan rajungan di laut. 

Seperti halnya Tejo, salah seorang nelayan di Desa Keradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban yang nekat melawan tingginya gelombang laut karena menurutnya, itu sudah bagian  dari resiko pekerjaannya. 

“Iya (masih melaut) karena memang resiko dari pekerjaan, ombaknya memang sudah besar sejak beberapa hari yang lalu,” ungkap Tejo kepada blokTuban.com, Kamis (26/5/2022) saat di lokasi. 

Menurutnya, saat ini kedalaman air laut di Pesisir Utara Kabupaten Tuban ini kurang lebih dapat mencapai 7 meter, dengan kondisi angin yang cukup kencang, sehingga ia berharap jika kondisi cuaca bisa segera membaik. 

Sementara itu nelayan lain yang berada di TPI palang, Ainul mengatakan hal yang serupa bahwa tak hanya ombak laut saja yang tinggi, akan tatapi angin kencang juga terjadi sejak beberapa hari yang lalu. 

“Masih tetap lanjut melaut walaupun gelombangnya lagi tinggi. Untuk hasil tangkapan jenis ikannya sama saja kalau bagi nelayan Palang,” katanya. 

Dilaporkan beberap ahari lalu cuaca buruk berupa gelombang tinggi dan angin kencang melanda Pesisir Utara Tuban sejak beberapa hari yang lalu. Bahkan Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban telah mengeluarkan peringatan dini jika kondisi pasang air laut setinggi 130  masih dapat terjadi hingga tanggal 29 Mei 2022 mendatang. 

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk menunda segala aktivitas di sekitar pantai. Kendati demikian, hal tersebut rupanya tidak menyurutkan tekad para nelayan di Tuban untuk melaut  tanpa menunggu cuaca kembali normal seperti sedia kala. [Sav/ Dwi] 

Tag : nelayan, Palang, Kabupaten Tuban, ombak tinggi, nekat melaut



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat