10:00 . Lirik dan Chord Lagu Alun-Alun Nganjuk - Denny Caknan Feat Yeni Inca | Trending Youtube DC Production   |   09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

#banjir rob Kabupaten Tuban 2022

Banjir Rob Mulai Terjang Pemukiman Nelayan Tuban, Ketinggian Air 20 Cm

bloktuban.com | Monday, 23 May 2022 14:00

Banjir Rob Mulai Terjang Pemukiman Nelayan Tuban, Ketinggian Air 20 Cm Pemukiman nelayan Sidomulyo terdampak banjir rob siang ini. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulankebumi) berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir indonesia pada 14- 20 Mei 2022, tak terkecuali di Kabupaten Tuban. 

Pantauan blokTuban.com, banjir rob pekan lalu menerjang di pantai cemara dan mangrove Jenu viral di sosial media. Saat ini, Senin (23/5/2022) siang, banjir rob kembali menerjang kawasan Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, dan Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban.

baca berita terksit: BMKG Tuban Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Pesisir Pantai!

Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim bersama perangkatnya meninjau langsung dampak dari banjir rob di pemukiman nelayan. Khusus di Desa Socorejo, banjir rob memenuhi Dusun Karangdowo dengan jumlah rumah terdampak sekitar 25 rumah. 

"Banjir pesisirnya tidak sampai masuk rumah. Hanya menggenangi gang-gang rumah nelayan dengan ketinggiannya dua jengkal telapak tangan atau kisaran 20 Centimeter," ujar Kades Arif kepada blokTuban.com. 

 

Banjir rob siang ini juga terpantau di pemukiman nelayan di Kelurahan Sidomulyo. Belum diketahui pasti berapa rumah di kawasan Tuban Kota ini terdampak banjir tersebut. Hanya saja, air pasang menggenangi lokasi yang biasa digunakan nelayan menjemur hasil laut dan memperbaiki jaring. 

Terkait, fenomena banjir rob Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban, Zem Irianto mengatakan, hampir terjadi diseluruh pesisir Jawa timur dikarenakan fenomena full flower blood moon di mana posisi matahari+Bumi+bulan berada garis sejajar dan berada pada jarak (peregee/perihelion) terdekat dengan Bumi.

"Hal ini menyebabkan gravitasi bulan lebih kuat, memicu tarikan air pasang lebih tinggi yang menyebabkan rob dan kami prediksi hingga 20 Mei 2022," terangnya.

Sedangkan Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo dalam rilisnya menambahkan, potensi banjir pesisir (rob) diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah.

Kondisi tersebut secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat. 

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," pungkasnya. [Ali]

 

 

Tag : Tuban, banjir rob, banjir pesisir, pemukiman nelayan, air pasang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat