Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Beberapa waktu yang lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi memberikan kebijakan baru terkait penggunaan masker, dengan memperbolehkan masyarakat melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan. Saat ini kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan angka penurunan. 

Adanya pelonggaran tersebut, rupanya mendapatkan tanggapan beragam dari masyarakat. Beberapa orang bahkan mengaku masih akan menggunakan masker meski sedang di ruang terbuka dengan beberapa alasan. 

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, nampak masih banyak masyarakat di Kabupaten Tuban yang memilih tetap mengenakan masker. Seperti halnya Ira (24), mengaku sudah terlanjur nyaman memakai masker. 

“Saya sebenarnya sudah tahu tentang pelonggaran penggunaan masker dan saya menyambut baik peraturan dari pak Jokowi, tapi saya sudah terlanjur nyaman pakai masker dimana saja dan sudah terbiasa seperti ini,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Minggu (22/5/2022). 

Selain merasa nyaman, lanjut perempuan asal Kecamatan Palang ini, alasan lainnya ia masih belum merasa aman sepenuhnya, mengingat pandemi Covid-19 masih belum sepenuhnya hilang dari Indonesia. 

Oleh karena itu, ia lebih memilih untuk mengenakan masker agar lebih merasa aman dan terhindar dari ancaman virus Covid-19 sebagaimana yang selama ini sangat ia khawatirkan. 

“Masih takut juga untuk melepas masker pas lagi di luar rumah, menurut saya kalau pakai masker lebih safety. Semoga saja corona benar-benar bisa hilang biar nggak takut lagi buat lepas masker,” imbuhnya. 

Sementara itu, Nabila perempuan asal Desa Klotok, Kecamatan Plumpang saat dikonfirmasi di tempat terpisah mengatakan jika masih ragu untuk melepas masker karena takut jika sewaktu-waktu virus menjangkiti tubuhnya. 

“Jujur masih takut buat ngelepas masker karena kita nggak tahu virus itu datang dari mana dan sewaktu-waktu bisa saja menyerang, jadinya saya masih pakai masker. Mungkin kalau pergi ke dekat-dekat sini saja saya sudah berani nggak pakai masker,” terangnya. [Sav/Dwi]