Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Pengelola Mangrove Center mengeluhkan banjir rob yang kerap terjadi di sepanjang bibir pantai turut wilayah Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. 

Untuk itu pihak pengelola berharap Pemerintah Kabupaten Tuban membuat tanggul guna mengantisipasi banjir terjadi.

Pendiri Mangrove Center, Ali Mansur (60) mengatakan panjang garis pantai yang terdampak hampir mencapai 1,5 Km. 

Ali berharap ada sinergi yang baik dari Pemerintah Kabupaten Tuban untuk memajukan potensi wisata alam yang ada di Tuban. 

Banjir rob sendiri merupakan fenomena  permukaan air laut lebih tinggi dari pada daratan. Di Tuban sendiri sudah menjadi fenomena rutin yang hampir 2 sampai 3 kali terjadi setiap tahunnya.

"Karena selama ini tanggul di sebelah timur  yang dibuat oleh masyarakat sebatas tanggul tradisional disebabkan kurangnya dana untuk membuat tanggul yang lebih sefety," ujar Ali kepada blokTuban.com.

Disebutkan sejauh ini pihak Mangrove Center telah memasang tanggul pembatas yang dibuat dari beton sejak tahun 2017. Tetapi pembangunan ini masih membutuhkan tanggul pembatas lagi yang lebih panjang.

Selain mengantisipasi banjir rob dengan tanggul sementara, upaya yang dilakukan yakni menanam mangrove untuk mengurangi abrasi yang ada di bibir pantai. [Nur/Dwi]