Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Akibat cuaca buruk atau tidak menentu harga ikan di Plaza Ikan Tuban (PIT) mengalami kenaikan dan cenderung tidak stabil. Hali ini dikarenakan stok ikan di PIT tergantung pada kondisi laut.

Harga ikan kaksp cenderung naik Rp5.000 dari semula Rp65.000 sekarang menjadi Rp70.000, sedangkan kerapu macan dari Rp65.000 menjadi Rp70.000.

Menurut salah seorang pedagang ikan, Suprapti (50) cuaca yang tidak menentu menjadikan harga ikan juga tidak menenetu. Ia berharap agar cuaca membaik dan harga ikan kembali stabil

"Banyak nelayan yang tidak bisa menangkap ikan adapun yang menangkap hasilnya pun tidak maksimal,” ucapnya kepada blokTuban.com, Minggu (22/05/2022).

Untuk ika biasanya supriyati mengambil dari Brondong, Palang, dan Tuban. Pengunjung biasanya agak ramai saat Sabtu dan Minggu karena banyak dari pembeli luar Tuban, mereka biasanya membeli ikan kakap, kerapu macan, kerapu biasa, barakuda, dan tenggiri.

Sementara itu, Sumono (51) pria yang memiliki usaha pempek di Bojonegoro ini membeli ikan di Tuban untuk dibuat bahan olahan usahanya. Ia mengaku membeli ikan di Tuban setiap satu bulan sekali, sekalian bersilaturahmi ke keluarga di Tuban. 

"Untuk harga yang relatif naik saya tidak apa-apa yang terpenting ketersedian ikan ada,” ujarnya.[Nur/Dwi]