Fakta Pemilik Warkop Karaoke di Desa Pekuwon, Berkali-kali Terjaring Razia dan Denda Rp2,5 Juta

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Keberadaan warung kopi (warkop) dengan fasilitas karaoke yang tidak berijin atau ilegal, terus menjadi perhatian petugas gabungan Kabupaten Tuban. Salah satu Warkop karaoke yang kembali terjaring razia adalah Warkop Permata yang beroperasi di Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Rabu (18/5) sekitar pukul 20.00 Wib. 

Warung tersebut diketahui milik Sutiyono (45) asal Desa Nguruhan, Kecamatan Soko. Ada sejumlah fakta menarik dari razia di Warkop Permata yang sudah beroperasi bertahun-tahun itu. 

Informasi yang dihimpun dari petugas di lapangan, menyebut bahwa warkop milik Sutiyono tidak sekali dua kali terjaring razia, namun catatan petugas sudah sering. Pemilik warkop bahwa sudah pernah disidang, dan dikenakan denda Rp2,5 juta. 

Menurut petugas, pengusaha warkop karaoke di Desa Pekuwon itu tidak memiliki rasa jera atau kapok. Meskipun peralatan karaoke berkali-kali disita petugas, namun kembali lagi beroperasi. 

"Kegiatan razia semalam melibatkan petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran bersma Anggota TNI, POLRI dan Disbudporpar mengadakan Operasi gabungan secara terpadu dengan sasaran Tibumtranmas," ujar Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban, Gunadi kepada blokTuban.com, Kamis (19/5/2022). 

Gunadi menambahkan, barang bukti yang diamankan dari warkop milik Sutiyono adalah 1 buah Mixer, 1 buah Ampli, 2 buah mic, 1 buah DVD Player, dan 1 buah Prosessor. 

"Pemilik warkop akan dipanggil ke kantor untuk menemui Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada hari Rabu, 25 Mei 2022 pukul 09.00 WIB," jelas mantan Kepala Dinas Perhubungan Tuban itu. 

Perlu diketahui, sejak tahun 2016 lalu Pemerintah Kabupaten Tuban telah menetapkan moratorium perizinan bagi usaha karaoke. Hingga saat ini, hanya ada 11 karaoke yang legal. Jika ada selain itu, maka praktik hiburan tersebut ilegal.

Data 11 karaoke legal di Kabupaten Tuban yang dihimpun blokTuban.com, meliputi: 

 

1. A'as Karaoke  

2. Keke Karaoke  

3. Dunia Karaoke  

4. Glamour Karaoke  

5. Lion Karaoke  

6. Shintya Karaoke  

7. King Karaoke (Kecamatan Widang)  

8. Wisma karaoke  

9. Happy Karaoke 

10. Oke Karaoke 

11. King Karaoke (Kecamatan Jenu). [Ali]