15:00 . Warga Tuban Serbu Pasar Murah Berhadiah Gula Pasir   |   14:00 . 20 BUMDesa Tuban Pamer Produk di Event Besti, Pedagang Kebanjiran Berkah   |   13:00 . Peringatan 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Khofifah Harapkan Keberkahan   |   12:00 . Kantor Kejari Tuban Dipenuhi Karangan Bunga, Dukung Pelaporan Alvin Liem   |   11:00 . Fashion Show Gadis Pesisir Tuban 2022 Sukses Digelar di Pantai Semilir Socorejo   |   10:00 . Festival Batik Pantai Semilir 2022 || Pantai SEMILIR   |   09:00 . Empat Film Bioskop NSC Tuban di Akhir Pekan, Pilih yang Mana!   |   08:00 . Prediksi Cuaca Tuban 24 September 2022: Sore Hari Hujan Ringan dan Berawan Tebal   |   07:00 . BPS Laporkan Penurunan Kunjungan Wisata Mancanegara di Jatim   |   06:00 . KONI Jatim Libatkan Hope Physioteraphy di Puslatda Jelang PON XX 2024   |   05:00 . Hadiri 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Gubernur Khofifah Dijadwalkan Gowes hingga Tanam Mangrove   |   23:00 . Desa Jlodro Tuban Mencekam, Berawal dari Sakit Hati Kakek Bacok Tetangganya hingga Tewas   |   22:00 . Pengurus IKAMI ATTANWIR Tuban Dilantik, Ketum : Kita Harus Kompak dan Semangat   |   21:00 . Diduga Cemarkan Intitusi Kejaksaan di Youtube, Persaja Tuban Laporkan Alvin Liem ke Polisi   |   20:00 . Jadi Souvenir G20, Menparekraf RI Puji Produk Teh Herbal Binaan Pertamina   |  
Sun, 25 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pedagang Desa Remen Tolak Pendirian Toko Modern, Kapolsek Jenu : Ada yang Pro dan Kontra

bloktuban.com | Wednesday, 18 May 2022 20:00

Pedagang Desa Remen Tolak Pendirian Toko Modern, Kapolsek Jenu : Ada yang Pro dan Kontra Puluhan pedagang toko kelontong aksi ritual doa menolak berdirinya toko modern. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Sekelompok pedagang toko kelontong di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban bersama puluhan warga menggelar ritual doa dan potong tumpeng di perempatan jalan desa setempat, Selasa (18/5/2022). Mereka menolak pendirian toko modern baik itu Indomart atau Alfamart, karena dianggap mengganggu ekonomi warga. 

Aksi ritual warga yang dimulai pukul 18.30 Wib itu, mendapat penjagaan ketat dari petugas Polsek dan Koramil Jenu. Petugas yang datang langsung terjun membantu mengatur lalu lintas di jalan desa yang menuju kawasan industri. 

Nampak warga setempat dan dari desa tetangga yang penasaran juga memadati lokasi aksi ritual untuk menonton. Ritual doa dan potong tumpeng raksa langsung dimulai oleh tokoh agama, dan dilanjutkan dengan makan bersama. Tujuan dari doa bersama tersebut yakni meruat desa agar dijauhkan dari mara bahaya. 

Dalam aksi penolakan pendirian toko modern itu, tak satupun pedagang berbicara kepada awak media. Mereka hanya memasang baner yang berisikan tuntutannya, yaitu menolak berdirinya Indomart dan Alfamart di Desa Remen. 

Menurut Kapolsek Jenu, AKP Gunawan dalam tuntutannya warga Desa Remen ingin adanya penghentian oprasional Indomart. Sebelum tuntutan warga dipenuhi, Polsek akan komunikasi lebih lanjut dengan Pemerintah Desa Remen dan Kecamatan Jenu agar ditemukan hasil yang lebih baik. 

"Serta tidak semua warga Desa Remen menolak berdirinya mini market ini, ada yang pro dan kontra," ujar Kapolsek Jenu kepada blokTuban.com di depan Indomart Remen. 

Saat ini, lanjut Kapolsek Gunawan baru Indomart yang beroperasi mulai 24 April 2022 sampai sekarang dan dipermasalahkan pedagang toko kelontong. Untuk Alfamrt informasinya masih proses perijinan di kabupaten. 

Data yang dihimpun di lokasi, bahwa pemilik Indomart menyewa lahan warga Remen selama 15 tahun dengan sistem pembayaran tiga termin setiap lima tahun sekali. Kabar di lapangan, ada yang menyebut kalau ijin toko modern tersebut sudah lengkap, tetapi ada juga yang masih meragukan legalitasnya. 

Sementara itu, warga Desa Remen yang juga berjualan di depan Indomart merasa terbantu dengan berdirinya toko modern itu. Ia tidak mempermasalahkan karena adanya toko modern membuat Desa Remen semakin ramai.

"Kalau menolak seharusnya dulu sebelum Indomart beroperasi, waktu para pekerja masih membangun. Kalau sekarang mana bisa," tutup warga Desa Remen lain yang juga di lokasi. [Nur/Ali]

Tag : Tuban, toko modern, Kapolsek Jenu, Indomart, warga tolak, Desa Remen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat