Pengunjung Perpustakaan Widang Dominan Berusia 10-15 Tahun

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Perpustakaan Kecamatan Widang sudah berdiri sejak tahun 2017 dan memiliki 4.372 koleksi buku. Koleksi buku di perpustakaan ini ada berbagai macam mulai dari bacaan anak, karya fiksi, karya umum dan agama.

Untuk pengunjung yang datang merupakan anak-anak dari desa sekitar Kecamatan Widang seperti Bunut, Ngadirejo, Widang, dan Banjar. Mereka yang datang di dominasi oleh anak berusia 10-15 tahun dan biasanya gemar membaca komik dan novel.

“Untuk pembaca dulu itu ramai mencapai 20-30-an pengunjung tiap harinya. Terus perpustakaan tutup karena pandemi hampir setahun, dan baru buka bulan Oktober dengan pengunjung 5-7an orang sehari,” Ucap Hasan pengurus Perpustakaan Kecamatan Widang kepada blokTuban.com, Selasa (17/05/2022).

Hasan menambahkkan, Perpustakaan Widang ini cukup nyaman karena termasuk bangunan baru. Selain itu, kondisinya bersih dan sejuk karena banyak pohon yang rindang serta di perpustakaan ini juga di sediakan wifi gratis. Fasillitas tersebut sangat cocok di pakai untuk mengerjakan tugas dan membaca buku.

Untuk meningkatkan minat baca masyrakat di Widang, Perpustakaan Widang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Tuban dengan mengadakan kunjungan ke perpustakaan agar para siswa siswi semakin gemar membaca.

Bagi masyarakat yang hendak meminjam buku, lanjut Hasan cukup dengan membawa foto copy KTP bagi yang berusia 17 ke atas. Peminjam juga bisa membawa foto copy Kartu Keluarga (KK) bagi yang masih berusia di bawah 17 tahun. Untuk durasi peminjaman 7 hari dan maksimal buku yang boleh di pinjam 2 buku.

"Harapan kami warga Widang bisa memanfaatkan fasilitas gratis ini. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan," tutup pria ramah ini. [Nur/Ali]