Naik Reog Ponorogo, Bupati Lindra Deg-degan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky diarak dengan menaiki kepala Reog Ponorogo, dalam pembukaan Bupati Tuban Cup Tahun 2022 di Lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban, Selasa (17/5/2022). 

Bupati Lindra tak mengira akan diarak dengan cara yang membuatnya deg-degan. Dalam beberapa menit di atas kepala singa dan merak itu, nampak ekspresi tegang dari wajah Bupati kebanggaan warga Tuban. 

Dengan alunan suara musik Reog, para seniman pelestari kebudayaan mengiring orang nomor satu di Tuban hingga ke Lapangan GOR. Belum sampai ke tenda pembukaan acara, Bupati akhirnya turun dan menyapa para seniman dan peserta yang hadir. 

"Ada perasaan deg-degan, tapi cukup bangga dan mengapresiasi para seniman yang melestarikan kebudayaan Ponorogo di Tuban," ujar Lindra kepada blokTuban.com. 

Ke depan, lanjut mantan anggota DPRD Provinsi Jatim itu akan menyupport kebudayaan di Tuban, supaya memiliki ruang pentas dan kaderisasi seniman muda terus lestari. Pemkab sangat mengapresiasi para seniman yang giat melestarikan kebudayaan Tuban. 

Tak hanya kesenian reog, pembukaan Bupati Tuban Cup tahun ini juga menampilkan seni bela diri para pesilat muda Tuban. Selain itu, menguri-uri seni tradisional Tak-takan asal Desa Belikanget, Kecamatan Tambakboyo. 

"Ini bentuk apresiasi Pemkab Tuban terhadap kebudayaan Tuban berkolaborasi dengan budaya kabupaten tetangga. Kami fokusnya mendata budaya di Tuban dan akan ditampilkan di setiap event di Tuban," janjinya. 

Pantauan di lokasi, pembukaan Bupati Tuban Cup tahun 2022 ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Lindra sekitar pukul 08.52 Wib. Ikut mendapingi dalam acara tersebut Wakil Bupati Riyadi, Kapolres AKBp Darman, Dandim 0811, Sekda Tuban, Budi Wiyana, dan beberapa kepala dinas beserta camat. 

Bupati Tuban Cup tahun 2022 digelar mulai 16-21 Mei 2022 dan diikuti oleh puluhan tim dari SMA/SMK/MA di Tuban. Ada tiga cabang olahraga yang pertandingkan, yaitu bola voli, bola basket dan sepak takraw. Kegiatan yang didanai APBD itu, menyediakan hadiah dan uang pembinaan bagi pemenang sebesar Rp45 juta. [Ali]