Gebyar Batik Pamekasan di Tuban, Arumi Bachsin Dukung Ruang Promosi Bupati Halindra

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Gebyar Batik Pamekasan Tahun 2022 sukses digelar di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Minggu (20/3) malam. Event tersebut dibuka oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak.

Arumi Bachsin mengapresiasi pandangan visioner yang menjadi ikhtiar pengenalan terhadap Kabupaten Pamekasan serta budayanya. Apresiasi juga diberikan kepada Bupati dan Pemkab Tuban yang telah menyediakan ruang promosi terhadap budaya luar Kabupaten Tuban. 

“Langkah ini tidak akan melunturkan budaya asli, justru wujud visioner dari Mas Bupati. Ini menjadi upaya kita untuk melestarikan batik yang menjadi identitas bangsa Indonesia dimata dunia,” ungkap Arumi. 

Arumi menambahkan, kerajinan batik menjadi salah satu ekonomi kreatif yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 dan setelahnya. Diperlukan langkah percepatan yang konkrit dan strategis dengan melibat semua stakeholder terkait. 

Istri Wagub Jatim itu juga menyambut baik langkah Pemkab Tuban yang telah meluncurkan kegiatan Car Free Night. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu percepatan pasca pandemi Covid-19.

“Kegiatan seperti ini merupakan salah satu pemicu ekonomi dari industri kreatif yang sudah harus dimulai bahkan sebelum pandemi. Kita berdoa ekonomi di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Pamekasan dan juga Tuban bisa kembali pulih,” serunya.

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyambut kedatangan Ketua Dekranasda Jatim dan Bupati Pamekasan bersama istri serta jajaran Pemkab Pamekasan. Terselenggaranya Gebyar Batik kali ini merupakan wujud kolaborasi dan sinergitas Pemkab Tuban dan Pamekasan dalam mengembangkan potensi dan kekhasan batik masing-masing. \\

Mas Bupati menyatakan Pemkab Tuban berkomitmen mengembangkan potensi wisata dan budaya. Hal tersebut diimplementasikan pada program Desa Binaan tiap OPD Pemkab Tuban guna mengoptimalkan potensi tiap desa dengan kekhasannya. 

"Optimalisasi potensi desa didukung dengan peningkatan infrastruktur pendukung lainnya. Tidak hanya itu, Kabupaten Tuban memiliki objek wisata alam maupun kuliner yang sangat disayangkan jika dilewatkan," sambung Bupati Halindra. 

Disambung Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menjelaskan, bahwa Road Show Gebyar Batik Pamekasan menjadi langkah untuk mendorong pengembangan UMKM pada sektor seni dan budaya Kabupaten Pamekasan dan kabupaten yang menjadi tuan rumah. 

“Citra batik menjadi terangkat modern, fashionable, dan kian digemari,” ujarnya.

Diketahui, Kabupaten Tuban menjadi lokasi kedua roadshow Gebyar Batik Pamekasan 2022 di wilayah Jawa dan Bali setelah sebelumnya dilakukan di Malang Town Square. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Jajaran Forkopimda Tuban, Sekda Tuban dan Pamekasan, Ketua Dekranasda Kabupaten Tuban beserta sejumlah OPD terkait, serta pengerajin batik dari Tuban dan Pamekasan. [Ali]