12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tingkat Penularan Cepat, Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Menular ke Manusia?

bloktuban.com | Saturday, 14 May 2022 08:00

Tingkat Penularan Cepat, Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Menular ke Manusia? Hewan ternak sapi di Tuban terus dipantau supaya tidak tertular penyakit PMK. (Istimewa)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Mewabahnya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang santer menjadi perbincangan di kalangan masyarakat baru-baru ini, dipastikan tidak menular pada manusia, melainkan hanya menular pada sesama hewan.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tidak panik dengan virus baru yang sudah menjalar di beberapa wilayah yang ada di Jawa Timur seperti Lamongan, Sidoarjo, Gresik dan Mojokerto.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan DKPP Tuban, Pipin Diah Larasati mengatakan bahwa meskipun tingkat penularan virus pada hewan memang tergolong cepat, namun bukan bersifat zoonosis atau penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

“Virusnya jenis RNA, virus sama dengan jenis Covid yang bisa mutasi. Akan tetapi tidak bersifat zoonosis (bisa menular ke manusia,” paparnya kepada blokTuban.com, Sabtu (14/5/2022).

Dengan demikian, kendati virus ini masuk ke dalam tubuh manusia maka tidak akan menimbulkan reaksi atau gejala apapun. Justru, menurut Pipin manusialah yang berpotensi dapat menularkan virus tersebut pada hewan ternak.

Maka dari itu, Pipin menyarankan agar peternak harus segera melakukan penyemprotan disinfektan dan membersihkan diri setelah bersinggungan dengan hewan ternak yang sakit dan memiliki potensi besar terhadap penularan virus ini.

“Yang bahaya malah manusianya yang bisa membawa media. Misal peternak A sapinya sakit terus dia berkunjung ke peternak B, maka sapi milik peternak 90-100 persen tertular. Oleh karenanya harus dilakukan disinfeksi (penyemprotan disinfektan) dan bersih diri setelah bersinggungan dengan ternak sakit,” terangnya.

Untuk mencegah penyebaran wabah PMK pada hewan ternak di Tuban sendiri, selain melakukan pembatasan masuknya hewan-hewan ternak dari daerah yang terjangkit wabah. Pihaknya juga melakukan desinfeksi di pasar-pasar hewan juga melakukan pengamatan secara rutin serta melakukan pengobatan pada hewan ternak yang memiliki gejala.

“Melakukan desinfeksi di pasar-pasar hewan, pengamatan dan pemeriksaan ternak, pengobatan sapi-sapi bergejala,” pungkasnya.

Sementara itu, dilansir dari laman Kominfo jika Pakar Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Mustofa Helmi mengatakan bahwa daging sapi yang terjangkit PMK aman untuk dikonsumsi asal melalui proses pelayuan terlebih dahulu.

“Proses pelayuan adalah metode dengan cara daging digantung untuk menurunkan PH dari daging,” jelas Prof. Mustofa. [Sav/Ali]

 

Tag : TUban, Kabupaten Tuban, penyakit PMK, hewan ternak, virus Sapi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more