12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Waspada! Begini Gejala Awal Binatang Ternak Terserang Penyakit PMK

bloktuban.com | Thursday, 12 May 2022 18:00

Waspada! Begini Gejala Awal Binatang Ternak Terserang Penyakit PMK Guubernur Khofifah sedang melihat kondisi sapi di salah daerah di Jatim. (Istimewa)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Baru-baru ini, diketahui jika muncul penyakit mudah menular baru yang dmenjangkit pada binatang ternak, yaitu foot and mouth disease atau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kamis (12/5/2022). 

PMK sendiri disebabkan oleh virus yang bersifat akut serta sangat menular pada hewan berkuku belah seperti sapi, kambing, domba, kerbau, hingga babi. Hingga saat ini, diketahui jika di Provinsi Jawa Timur sudah terdapat empat Kabupaten yang terserang penyakit ini yaitu Lamongan, Gresik, Sidoarjo, dan Mojokerto. 

Banyaknya kasus penemuan PMK ini, tentu mengharuskan peternak lebih waspada dan perlu mengetahui gejala-gejala yang timbul saat hewan terserang penyakit tersebut. Sebab, jika terlambat tertolong tentu akan berdampak fatal dan dapat menimbulkan kerugian secara materil yang cukup besar.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui akun Instagram pribadinya mengungkapkan jika terdapat tanda klinis pada hewan yang terserang penyakit PMK seperti keluar lendir berlebih pada mulut hewan dan berbusa hingga terganggunya nafsu makan pada hewan tersebut.

“Menurut dokter hewan yang bertugas, tanda klinis penyakit PMK diantaranya keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lifah, tidak mau makan, luka pada kaki, sulit berdiri, gemetar dan produksi susu turun drastis,” paparnya. 

Baca berita terkait: Mengenal Penyebab Penyakit Mulut dan Kuku Hewan yang Ditemukan di 4 Daerah di Jatim

Adanya penyakit baru yang mewabah pada hewan ini, Gubernur perempuan itu meminta doa kepada masyarakat agar Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Kabupaten dan Kementan dapat mengatasi permasalah tersebut. 

“Pemprov bersama Pemkab dan Kementan berupaya maksimal agar ternak yang sakit segera sembuh dan penularan bisa dibatasi dan dihentikan. Mohon doanya,” tulisnya. 

Sementara itu, dikutip dari Kompas jika per tanggal 10 Mei 2022 kemarin sebanyak 1.247 sapi yang berada di empat kabupaten terjangkit PMK. Bahkan, di Kabupaten Gresik sendiri saat ini sudah ada tujuh kecamatan yang terkonfirmasi terserang PMK pada binatang ternak. [Sav/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Penyakit PMK, hewan ternak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more