Wisata Petik Jambu Kristal Tuban Turunkan Harga Tiket Masuk

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selama liburan Lebaran Idul Fitri 2022, pengelola wisata petik jambu kristal di Kabupaten Tuban memilih untuk menurunkan harga tiket masuk. Perubahan tiket bukan hanya untuk pengunjung dewasa, tetapi juga berlaku bagi anak-anak. 

Kusnadi (42) pengelola wisata petik jambu Kristal Simo di Desa Sukoharjo, Kecamatan Bancar memiliki dua alasan, menurunkan harga tiket disaat melonjaknya kunjungan selama libur lebaran. 

"Alasan kami untuk memikat pengunjung biar mau petik sendiri," ujar Kusnadi kepada blokTuban.com, Jumat (6/5/2022). 

Kusnadi menambahkan, saat ini tiket masuk untuk dewasa menjadi Rp15 ribu dari semula Rp20 ribu. Untuk tiket anak-anak menjadi lebih murah yaitu Rp10 ribu dari sebelumnya Rp15 ribu. 

Selama libur panjang Idul Fitri, ia bersyukur karena dalam sehari rata-rata ada 200 pengunjung yang datang untuk memetik jambu kristal. Mereka tak hanya puas makan di dalam kebun, tetapi juga membawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. 

Sebagaimana diketahui, wisata petik jambu kristal Simo memiliki luas kurang lebih empat hektare. Pengelolanya adalah kelompok petani setempat telah menyiapkan spot selfie untuk menikmati senja. Sekaligus fasilitas edukasi bagi pengunjung yang berminat untuk menanam jambu.

Selain menawarkan petik jambu, Kusnadi juga memanjakan pengunjung yang hobi tanam-menanam disediakan aneka bibit tanaman. Seperti bibit kurma, durian, anggur, kelengkeng, jambu air, jambu biji dengan harga kisasaran Rp25.000 hingga Rp1 jutaan untuk bibit tanaman yang sudah berbuah.

Beberapa pengunjung yang rutin datang saat liburan rata-rata dari Kabupaten Pati, Rembang Jawa Tengah. Sedangkan yang dari Jawa Timur, dari Tuban, Lamongan maupun Gresik. [Ali]