4 Kue Ini Jadi Suguhan Warga Tuban Saat Lebaran 2022

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Momen lebaran menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Sebab dalam momen ini dapat menjadi ajang untuk bersilaturahmi bagi seluruh umat, baik antar keluarga, tetangga, sahabat ataupun pasangan. 

Tak heran jika banyak persiapan yang dilakukan oleh masyarakat, salah satunya menyiapkan suguhan di atas meja untuk menyambut para tamu yang datang berkunjung. Hal ini, seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menambah nilai ekonomis dengan menjual berbagai kue atau jajanan kering khas lebaran. 

Menurut salah satu pengusaha kue kering, Kayami warga asal Desa Margosuko, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban jenis kue kering yang paling banyak diburu oleh masyarakat Bumi Wali ialah Kue Nastar, kue berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini selalu berhasil menarik para pelanggan. 

“Dari dulu sampai sekarang yang paling diminati tetap nastar, kayaknya memang karena rasanya yang enak itu,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Rabu (4/5/2022). 

Selain itu lanjutnya, kue kering lain yang paling laris di momen lebaran 2022 ini yaitu, kue kastangel. Berbeda dari nastar yang memiliki cita rasa manis, jenis kue satu ini cenderung memiliki rasa asin dan gurih karena terbuat dari campuran terigu, mentega dan juga keju sebagai pelengkapnya. 

Tidak hanya Ami saja, penjual kue kering dadakan asal Kecamatan Plumpang, Siti juga menambahkan jika dagangan kue kering yang paling populer ialah kue kacang. Selain cara pembuatan yang mudah, menurut Siti kue ini cenderung disukai oleh semua kalangan termasuk para lansia. 

Sebab, perpaduan cita rasa yang gurih dan manis tidak membuat enek lidah saat dinikmati dalam jumlah banyak. Selain itu, menurutnya lidah para orangtua sudah tidak asing dengan rasa khas yang dimiliki kue ini karena berbahan dasar kacang alami. 

“Di sini yang paling kue kacangnya malah, mungkin karena banyak yang suka jadinya banyak yang beli untuk suguhan,” terangnya. 

Tidak hanya itu saja, jenis kue kering keempat yang paling laris pada tahun ini ialah kue putri salju. Jenis kue ini sendiri, diberi nama putri salju karena ditaburi gula halus di atasnya sehingga serupa dengan butiran-butiran salju. 

Berbeda dengan kue kacang yang disukai oleh semua kalangan, menurut perempuan ramah ini jenis kue putri salju justru lebih dominan disukai oleh kalangan anak-anak karena rasanya yang manis. [Sav/Ali]