Cara Menikmati Sayur Ares Kuliner Khas Lombok Ala Warga Tuban

Reporter : S.Y. Lailatul Erlina N.R.

blokTuban.com - Sayur ares merupakan kuliner khas Lombok (suku Sasak) yang diolah dari gedebog pisang muda paling dalam yang belum berbuah. Pohon pisang yang biasanya digunakan untuk bahan sayur satu ini adalah pisang kepok. 

Berbeda dengan daerah Lombok, warga Desa Lajokidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban justru memasak sayur ares tidak mengambil gedebog pisang muda, namun dengan mengambil bonggol pisang atau umbinya. 

Warga di Tuban selatan itu memiliki resep bumbu yang sama dan dimasak menggunakan santan, namun terdapat satu resep tambahan yaitu menggunakan kluwek. Jika pada gedebog pisang muda memiliki tekstur lembut ketika dimasak, berbeda pada bonggol pisang atau umbi pisang muda justru memiliki rasa yang kriuk.

“Di sini yang disebut ares itu ya bonggol atau umbi pisang, bukan gedebog atau batangnya. Bonggol pisang itu teksturnya kriuk di luar namun tetap lembut dalamnya,” ucap Suyatmi (46) kepada blokTuban.com, Sabtu (23/04/2022).

Resep untuk membuat sayur ares meliputi, bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, kemiri, lengkuas, kencur, merica, ketumbar, jinten, pala, cabe (seperti kayu berwarna hitam),  kayu manis, daun jeruk, garam, gula, penyedap rasa, santan dan kluwek. 

“Bahan yang digunakan adalah ares dan ditambah daging ayam kampung yang telah direbus agar campuran kuahnya lebih terasa nikmat, namun opsional kok bisa diganti sesuai selera” ucapnya.

Langkah-langkah yang dilakukan ketika hendak memasak sayur ares ala warga Tuban yaitu Ares yang telah dipisah dari batang pohon dikupas bersih kemudian di iris kecil-kecil sesuai selera dan dicuci bersih. Setelah itu direbus sampai teksturnya agak lunak. Bumbu yang telah disiapkan kemudian dihaluskan, lalu digoreng menggunakan api sedang. 

Sembari menunggu bumbu matang, peras santan sesuai kebutuhan. Bumbu yang telah matang kemudian dimasukan ke dalam santan bersama ares dan juga ayam kampus agar meresap sempurna, adus dan tunggu hingga sayur mendidih dan siap dihidangkan.

Masih tergolong jarang masyakarat yang mengetahui kenikmatan bonggol pisang. Rasa sayur ares yang gurih dan lezat dan pohon pisang mudah didapatkan, sehingga cocok dijadikan menu hidangan pada acara-acara besar atau bisa dijadikan inspirasi menu berbuka atau lebaran nanti. [Lina/Ali]