Lesunya Kunjungan Wisatawan di Pantai Cemara Tuban Saat Ramadan

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Memasuki pertengahan bulan Ramadan 1443 H, sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tuban mengalami penurunan kunjungan yang cukup drastis.

Kendati jumlah kunjungan terus lesu, akan tetapi masih banyak pariwisata yang memilih tetap buka seperti hari-hari biasa pada umumnya, tak terkecuali Pantai Cemara yang terletak di Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Menurut salah seorang pengelola pantai, Dul mengatakan pada bulan Ramadan kunjungan wisatawan di Pantai Cemara selalu mengalami penurunan setiap tahunnya. Meskipun masih ada sebagian masyarakat yang berkunjung, akan tetapi jumlah tersebut masih jauh jika dibandingkan hari-hari biasa pada umumnya. 

“Pantai Cemaran kalau bulan puasa masih buka tapi pengunjungnya lebih sepi dari biasanya,” terang Dul kepada blokTuban.com, Sabtu (16/4/2022). 

Jika di hari-hari biasa pengunjung Pantai Cemara bisa mencapai 500 lebih wisatawan, maka di bulan Ramadan hal itu sangat jauh berbeda. Pasalnya, kunjungan wisatawan di bulan Ramadan tahun ini hanya mencapai kurang dari 100 pengunjung setiap harinya. 

Selain masyarakat yang cenderung lebih malas untuk melakukan aktivitas di luar rumah, menurut Dul penurunan ini disinyalir lantaran keadaan ekonomi masyarakat yang saat ini belum stabil akibat Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hingga saat ini. 

“Turun drastis nggak sampai 100 pengunjung tiap harinya. Dari tahun-tahun kemarin yang aku tahu bulan puasa dalam hal ini sangat berpengaruh sekali, ditambah  lagi dengan keadaan ekonomi masyarakat yang kurang stabil. Jadi, sangat memicu menurunnya pengunjung di bidang kepariwisataan,” jelasnya. 

Lebih lanjut, kendati mengalami jumlah penurunan pengunjung jam operasional dari Pantai yang memiliki hantaran pantai seluas 18 Hektar ini tetap buka seperti biasanya, yaitu pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. [Sav/Ali]