2 Kotak Infak Makam di Plumpang Dibobol Maling

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Bulan Ramadan 1443 H semestinya digunakan oleh manusia berlomba dalam hal kebaikan, tetapi tak jarang juga di bulan yang penuh dengan berkah justru dimanfaatkan oleh oknum untuk melakukan aksi kejahatan.

Seperti kejadian di Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban sebuah kotak infak makam di bobol maling. Kejadian itu diketahui warga ketika sedang mempersiapkan pemakaman warga desa setempat yang meninggal dunia. 

Dalam makam terdapat lima buah kotak amal, dan hanya dua kota yang berhasil dibobol maling. Menurut pemaparan Warkun (50), ketua pengurus makam biasanya dari 5 buah kotak amal itu bisa menghasilkan uang kisaran 250-300 rupiah. 

Ia memprediksi dua kotak infak yang dicuri isinya lebih banyak dari biasanya, karena meningkatnya jumlah peziarah yang datang ke makam. 

“Biasanya uang yang biasanya terkumpul akan dialokasikan untuk keperluan makam seperti beli lampu, kebersihan makam dan lain sebagainya,” ucap Warkun kepada blokTuban.com, Jumat (15/4/2022)

Warkun menyayangkan masih ada maling yang tega menggondol infak makam. Terlebih perbuatan kriminal itu dilakukan di bulan puasa. 

"Semoga kejadian ini tidak terulang dan pelaku segera mempertanggungjawabkan perbuatannya," tandasnya. [Nur/Ali]