11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   08:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |   10:00 . Lirik Lagu No Comment - Tuty Wibowo Feat Bunda Corla Kembali Viral   |   09:00 . Penghujung Januari 2023, Harga Emas Antam Stagnan Selama 3 Hari di Level Rp1.029.000 Per Gram   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mbah Surkijoyo, Wali Tertua di Tuban Selatan Sering Dikunjungi Calon Pejabat

bloktuban.com | Wednesday, 13 April 2022 09:00

Mbah Surkijoyo, Wali Tertua di Tuban Selatan Sering Dikunjungi Calon Pejabat Makam Mbah Surkijoyo terletak di Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Tuban. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter : Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com - Mbah Surkijoyo merupakan seorang wali yang masih sangat jarang diketahui oleh masyarakat luas. Makamnya berada di Dusun Kwasen, RT 01/ RW 10 Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. 

Sejak zaman dahulu menurut cerita para leluhur, hanya beberapa orang saja yang mengetahui dan meyakini bahwa Mbah Surkijoyo adalah seorang wali.

Nama asli Mbah Surkijoyo adalah Abdul Rokhim. Didekat makamnya terdapat makam istrinya yaitu Mbah Santiyem dan dua anaknya yaitu Ahmad dan Suraji.

Konon menurut cerita leluhur para wali juga ngangsu kaweruh (berguru) kepada Mbah Surkijoyo. Sehingga Mbah Surkijoyo dianggap sebagai wali tertua di daerah Tuban selatan. Selain itu, Mbah Surkijoyo dahulu adalah teman dari Mbah Ganyong guru dari Mbah Abdul Jabbar Nglirip Singgahan.

Menurut cerita leluhur ketika ada seseorang peziarah dari sekitar daerah Kwasen yang memiliki hajat, seperti akan mencalonkan diri menjadi perangkat, dengan niat baik kemudian berziarah berdoa kepada Allah melalui Mbah Surkijoyo niat baik atau hajatnya banyak yang terkabul. 

Apabila petani yang akan bercocok tanam berziarah memohon kepada Allah melalui perantara Mbah Surkijoyo hasil panennya akan melimpah bahkan ketika digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari lebih dari cukup.

Menurut Heri Purwanto ketua RT dan sedikit paham tentang Mbah Surkijoyo karena sosoknya jarang diketahui oleh warga sekitar sehingga makamnya masih jarang diziarahi. 

"Saat ini makam Mbah Surkijoyo mulai dikenal oleh masyarakat sehingga makamnya mulai diperbaiki” terangnya kepada blokTuban.com, Rabu (13/4/2022).

Ketika mulai di perbaiki makam Mbah Surkijoyo diberi gubuk kecil, pada tahun 2018 mulai diperlebar namun bangunannya masih sederhana. Karena mulai ada peziarah yang datang tahun 2022 diperbaiki sampai saat ini masih masa pembangunan.

Pada hari kamis pahing setiap bulan diadakan tahlil bersama dimakam Mbah Surkijoyo, namun khusus pada hari kamis pahing bulan rojab diadakan sedekah bumi. Pagi hari membawa nasi tumpeng dan panggang ayam, ketika sore hari di isi dengan khataman al-Qur`an. 

“Warga yang mengikuti acara tersebut dari Kecamatan Bangilan dan Singgahan yang rata-rata keluarganya dahulu berasal dari Dusun Kwasen," tutup Heri. [Lina/Ali]

 

Tag : Mbah Surkijoyo, Wali Tertua di Tuban selatan, Wali Songo, Desa Kumpulrejo, Calon pejabat, panen melimpah, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat