22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mbah Surkijoyo, Wali Tertua di Tuban Selatan Sering Dikunjungi Calon Pejabat

bloktuban.com | Wednesday, 13 April 2022 09:00

Mbah Surkijoyo, Wali Tertua di Tuban Selatan Sering Dikunjungi Calon Pejabat Makam Mbah Surkijoyo terletak di Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Tuban. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter : Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com - Mbah Surkijoyo merupakan seorang wali yang masih sangat jarang diketahui oleh masyarakat luas. Makamnya berada di Dusun Kwasen, RT 01/ RW 10 Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. 

Sejak zaman dahulu menurut cerita para leluhur, hanya beberapa orang saja yang mengetahui dan meyakini bahwa Mbah Surkijoyo adalah seorang wali.

Nama asli Mbah Surkijoyo adalah Abdul Rokhim. Didekat makamnya terdapat makam istrinya yaitu Mbah Santiyem dan dua anaknya yaitu Ahmad dan Suraji.

Konon menurut cerita leluhur para wali juga ngangsu kaweruh (berguru) kepada Mbah Surkijoyo. Sehingga Mbah Surkijoyo dianggap sebagai wali tertua di daerah Tuban selatan. Selain itu, Mbah Surkijoyo dahulu adalah teman dari Mbah Ganyong guru dari Mbah Abdul Jabbar Nglirip Singgahan.

Menurut cerita leluhur ketika ada seseorang peziarah dari sekitar daerah Kwasen yang memiliki hajat, seperti akan mencalonkan diri menjadi perangkat, dengan niat baik kemudian berziarah berdoa kepada Allah melalui Mbah Surkijoyo niat baik atau hajatnya banyak yang terkabul. 

Apabila petani yang akan bercocok tanam berziarah memohon kepada Allah melalui perantara Mbah Surkijoyo hasil panennya akan melimpah bahkan ketika digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari lebih dari cukup.

Menurut Heri Purwanto ketua RT dan sedikit paham tentang Mbah Surkijoyo karena sosoknya jarang diketahui oleh warga sekitar sehingga makamnya masih jarang diziarahi. 

"Saat ini makam Mbah Surkijoyo mulai dikenal oleh masyarakat sehingga makamnya mulai diperbaiki” terangnya kepada blokTuban.com, Rabu (13/4/2022).

Ketika mulai di perbaiki makam Mbah Surkijoyo diberi gubuk kecil, pada tahun 2018 mulai diperlebar namun bangunannya masih sederhana. Karena mulai ada peziarah yang datang tahun 2022 diperbaiki sampai saat ini masih masa pembangunan.

Pada hari kamis pahing setiap bulan diadakan tahlil bersama dimakam Mbah Surkijoyo, namun khusus pada hari kamis pahing bulan rojab diadakan sedekah bumi. Pagi hari membawa nasi tumpeng dan panggang ayam, ketika sore hari di isi dengan khataman al-Qur`an. 

“Warga yang mengikuti acara tersebut dari Kecamatan Bangilan dan Singgahan yang rata-rata keluarganya dahulu berasal dari Dusun Kwasen," tutup Heri. [Lina/Ali]

 

Tag : Mbah Surkijoyo, Wali Tertua di Tuban selatan, Wali Songo, Desa Kumpulrejo, Calon pejabat, panen melimpah, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat