Ramadan, Kunjungan Wisata Religi Sunan Bonang Tuban Merosot

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Memasuki bulan suci Ramadan, wisata religi Sunan Bonang yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban mengalami penurunan kunjungan hingga 95 persen. 

Menurut Ibrahim Kepala Keamanan Wisata Religi Sunan Bonang, bahwa pada bulan Ramadan kunjungan wisatawan selalu sepi dan menurun, hanya beberapa orang saja yang mampir untuk berziarah. 

Kondisi itu dikatakannya, jauh berbeda dari situasi menjelang Ramadan yang bisa mencapai ribuan orang setiap harinya.

"Menurun biasanya memang sebelum puasa itu sampai ribuan orang, kalau Ramadan ini sepi paling ada satu keluarga-keluarga saja, beda dengan sebelum Ramadan. Penurunannya daripada bulan-bulan biasa ada sampai 95 persen," ungkapnya kepada blokTuban.com, Kamis (7/4/2022). 

Dari pantauan blokTuban di lokasi, memang suasana area makam nampak lenggang dan hanya beberapa pengunjung saja yang datang ke lokasi. 

Dalam kesempatan itu, pria yang sudah menjadi keamanan selama puluhan tahun itu menambahkan suasana area makam pada malam hari juga tak jauh berbeda dengan siang hari. Menurutnya, yang datang ke makam hanya keluarga yang hendak menyekar ke makam anggota keluarga yang telah berpulang lebih dulu. 

"Selama bulan puasa ini nggak ada pemasukannya. Malam juga paling hanya satu dua orang yang datang paling keluarga yang mau nyekar ke makam keluarganya," katanya. 

Kendati kondisi area pemakaman sepi, pria yang pernah mengharumkan nama Kabupaten Tuban melalui perlombaan boxing tersebut mengaku masih ada beberapa penjual yang menjajakan dagangannya di tempat yang telah disediakan, meskipun pembeli hanya sedikit. 

Hal senada rupanya juga diungkapkan oleh Kasiyatun, warga sekitar yang menjadi juru masak Bubur Sunan Bonang, jika di bulan Ramadan pengunjung di makam Sunan Bonang sepi. Setiap harinya dan hanya beberapa keluarga saja yang datang untuk berkunjung. 

"Makam tetap buka tapi kalau bulan puasa sepi, paling cuma satu keluarga saja yang datang. Tapi kalau sudah maleman itu yang ramai pengunjungnya," pungkasnya. [Sav/Ali]