11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pepadi Kenalkan Karakter Wayang Kulit ke Anak Tuban

bloktuban.com | Saturday, 26 March 2022 12:00

Pepadi Kenalkan Karakter Wayang Kulit ke Anak Tuban Wayang sapa anak turun ke beberapa titik pada 26-27 Maret 2022. (foto:Ist)

Reporter ; Ali Imron

blokTuban.com - Persatuan Pendalang Indonesia (Pepadi) Kabupaten Tuban mulai gencar mengenalkan karakter wayang kulit ke anak-anak. Program wayang sapa anak tersebut terselenggara melalui kerjasama Pepadi dengan beberapa pihak, Sabtu (26/3/2022). 

Ketua Pepadi Tuban, Buntas Pradoto menjelaskan, pengenalan wayang ke anak-anak Sekolah Dasar (SD) berlangsung Sabtu-Minggu (26-27/3/2022). Titik pertama, Sabtu malam pukul 20.00 Wib di Poskesdes Dusun Jamong Tambaboyo. Pepadi bekerjasama dengan Kelompok Masyarakat Darul Hikmah Pemdes Sobontoro. 

Wayang sapa anak kedua dan ketiga digelar Minggu pukul 09.00 Wib dan 20.00 Wib. Masing-masing di halaman ruko Desa Belikanget, Kecamatan Tambakboyo dan TPQ Daarul Ishalah Desa Sidokumpul, Kecamatan Bangilan. 

"Pengenalan wayang kulit di era milenial ini penting, supaya anak-anak tidak hanya fokus belajar melalui gadgetnya. Seni budaya wayang jangan sampai terlupakan oleh anak-anak," tutur Buntas kepada reporter blokTuban.com. 

Buntas melanjutkan, ada beberapa faktor pertimbangan lebih fokus ke anak SD. Pertama, ruang bergaulnya masih sekitaran desa, dan kedua penanaman informasi wayang kulit lebih mudah ke anak-anak. 

Hasil pengamatan Pepadi, bahwa pengenalan seni tradisi wayang kulit di lembaga pendidikan juga masih minim karena belum masuk sebagai ekstrakurikuler sekolah. Atas dasar tersebut, wayang sapa anak digiatkan di beberapa titik. 

"Rencanan ke depan Pepadi juga akan komunikasi dengan Pemkab. Harapannya Pemkab ikut andil dan bersinergi mengenalkan wayang kulit ke generasi milenial," harapnya. 

Sebagaimana diketahui, dalam wayang sapa anak ada beberapa narasumber yang dilibatkan seperti Teguh Dwi Purwanto dan Ki Buntas Pradoto dari Sanggar Kusuma Carito, serta Ki Sholikin Asmara Seta dari Sanggar Asmara Laras. [Ali]

 

 

Tag : Pepadi Tuban, Kenalkan Wayang Kulit, Anak SD, Seni Tradisi, Pemkab T, ban, berta Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat