Tujuh Keunggulan Desa Tasikharjo Tuban di Enam Besar Lomba Desa 2022

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban ternyata memiliki tujuh keunggulan sebagai daya tarik wisatawan. Potensi tersebut yang mengantarkan desa di kawasan Tanjung Awar-awar Tuban itu masuk di enam besar lomba desa 2022, Kamis (31/3/2022). 

Keunggulan yang membuat siapapun kepincut dan betah berlama-lama di desa itu, diungkapkan oleh tim penilai lomba desa Kabupaten Tuban, Eryan Dewi Fatmawati saat meninjau langsung ke lokasi. 

Sebagai desa di kawasan pengembangan industri, Tasikharjo telah membangun komunikasi yang baik dengan berbagai perusahaan sekitar. Seperti PT TPPI Tuban, PT TBBM Pertamina Tuban, PT Risma, GRR Pertamina Rosneft, Terminal LPG Tuban. 

"Di sini juga ada produk unggulan yang merupakan kolaborasi dengan CSR perusahaan sekitar. Program CSR itu kemudian menjadi produk unggulan desa yakni, melon, jeruk lemon, batik, pupuk organik, Pamsimas, wisatanya Pantai Panduri, dan wisata religi Syeh Subakir," ujar Eryan. 

Program lain di Desa Tasikharjo, lanjut Eryan yaitu pengembangan wisata Sunset. Selain itu, sinergi dengan berbagai pihak ada juga program donasi untuk keluarga miskin. 

"Silahkan dinilai sendiri untuk para juri, sekedar riview yang disampaikan Kades kemarin. Secara potensi banyak dan lokasi sangat strategis," imbuh Eryan. 

Sementara itu, Kades Tasikharjo, Damuri saat pemaparan di pemkab Tuban menegaskan bahwa inovasi di desanya tidak kaleng-kaleng. Program tersebut real di lapangan dengan bekerja sama dengan stakeholder mengolah untuk menjadi pemberdayaan masyarakat.

"Kami terus menciptakan inovasi-inovasi baru agar Desa Tasikharjo bisa lebih Bersinar, bersih, indah, nyaman, dan religius," sambung Kades Damuri. 

Kampung yang sudah dikenal sebagai Desa Tasikharjo Bersih, Indah, Nyaman, dan Religius (Bersinar) kini sudah masuk kebabak enam besar dan tinggal selangkah lagi akan menuju puncak harapan.

Damuri juga memamerkan produk unggulan yang dimiliki Desa Tasikharjo di depan tamu undangan seperti batik yang merupakan sinergitas antaraPKK dengan PT TBBM Tuban Pertamina.

Begitupula, jeruk lemon seluas satu hektar dan itu diperas menjadi inovasi unggulan desa yang merupakan kerjasama dengan PT. TPPI Tuban. 

"Dan masih banyak lagi produk-produk asli dan itu tidak beli dari luar desa, jadi nanti bisa langsung dibuktikan," lanjutnya.

Di depan tim penilai lomba desa, Damuri mewakili pemerintah desa bersama masyarakat Desa Tasikharjo menyatakan diri siap menjadi duta Kabupaten Tuban untuk melangkah ke Provinsi.

"Semoga desa Tasikharjo bisa terus Bersinar, sesuai cita-cita besar dan luhur dari mas Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, yaitu Bangun Deso Noto Kutho," pungkasnya. [Ali]