Perangkap Jaring Hentikan Dua Ular Sowo Kembang Berkeliaran Mangsa Ternak Warga Latsari

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Warga RT3 RW4 Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban agak lega, karena dua ekor luar Sowo Kembang yang selama ini berkeliaran memangsa hewan ternak ayam tertangkap. 

Ular dengan panjang masing-masing empat dan lima meter itu, terlilit jaring jebakan yang di pasang di area kebun milik warga. 

Warga yang pertama kali menangkap ular tersebut adalah Suratno (62). Pria asli Latsari itu mengaku kehilangan empat ekor ayam selama bulan Maret 2022. 

Awalnya ia tidak begitu curiga, kalau ayam ternaknya dimangsa reptil liar tersebut. Setelah ada ular Sowo Kembang terperangkap jaring, Ratno baru menyadari bahwa reptil itulah yang menghabisi ayamnya. 

"Ular Sowo kembang pertama terperangkap jaring 16 Maret dan kedua 27 Maret sekitar pukul 15.30 Wb. Kedua reptil tak berkutik setelah sebagian tubuhnya terlilit jaring," ujar Ratno kepada blokTuban.com di sekitar pekarangannya, Senin (28/3/2022). 

Sebelumnya, Ratno bercerita warga Latsari kerap menangkap ular Sowo kembang dengan ukuran yang lebih kecil. Reptil tersebut biasanya langsung dimasak untuk lauk. 

Berbeda dengan dua ular yang baru ditangkap dalam 10 hari terakhir, warga tak berani memasaknya sehingga disepakati untuk diserahkan ke petugas Damkar Tuban. 

"Perkiraan di belakang pemukiman warga yang dipenuhi semak-semak masih ada ularnya. Kami berencana akan menambah jebakan lagi untuk menyelamatkan hewan ternak ayam," katanya. 

Disambung oleh, Nikmah Murniatun (25) warga lainnya bahwa, kakaknya juga sempat digigit ular Sowo yang ukurannya lebih kecil. Mesipun ular tidak berbisa, namun warga tetap waspada. 

Nikmah menambahkan, di dekat lapangan voli ada sebuah sumur tua yang diduga di dalamnya ada ular dengan ukuran yang lebih besar. Dugaan tersebut semakin kuat, karena di sekitar sumur masih tercium bau anyir atau lengur. 

"Warga sini memeprcayai ular itu pasti keluar setiap Jumat Wage. Di hari-hari biasa tidak nampak," bebernya. 

Kedua reptil kemudian dibawa oleh petugas Damkar Tuban sekitar pukul 10.30 Wib. Petugas sempat kuwalahan karena ular tersebut melakukan perlawanan. [Ali]