Tontonan Gratis Barongsai Hibur Warga Sembungrejo

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, masyarakat Desa Sembungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban dihibur dengan aksi menohok pertunjukan Barongsai dari Putra Ronggolawe Tuban, Minggu (27/3/2022). 

Hiburan untuk masyarakat sekitar itu, dibarengi dengan pawai ta'aruf yang diadakan oleh Banom NU ranting Sembungrejo secara gratis. 

"Saya kira kalau hanya sekedar jalan-jalan ini kan kesannya perlu ada hiburan. Jadi, dimasuki grup drumband dari Al-Hidayah Kesamben dan juga grup baronsai putra Ronggolawe, itupun juga inisiatif dari sahabat-sahabat semua," ucap Abdul Ghofur, Ketua Panita kepada blokTuban.com saat ditemui di tempat acara. 

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak pagi di sepanjang jalan desa itu, diungkapkan Ghofur pusatnya di halaman Masjid Al-Istikhoroh Desa Sembungrejo dengan 800-an peserta.

Salah satu peserta pawai ta'aruf, Siti Aisyah mengungkapkan, kegiatan semacam itu sangat mengibur masyarakat sekitar. Terlebih sudah dua tahun terahir desanya tidak bisa mengadakan acara karena terhalang oleh Pandemi Covid-19. 

"Sangat senang sekali karena sudah lama nggak ada acara. Akhirnya ikut memeriahkan saja dan ini bisa dibilang hiburan gratis juga, soalnya kuponnya gratis," ungkap Anggota Fatayat tersebut. 

Dengan demikian, Siti juga berharap agar nantinya kegiatan semacam ini bisa terus dilakukan untuk memeriahkan desa. Selain itu, diharapkan agar bisa pulang membawa hadiah. 

Sementara itu, Ririn salah satu penonton Barongsai sangat senang melihat atraksi-atraksi yang dilakukan oleh Barongsai. Terlebih ia juga pernah belajar untuk bermain barongsai beberapa tahun lalu. 

"Seneng aja lihat pertunjukan barongsai, jadi tambah semangat. Niatnya ke sini juga mau ikut pengobatan gratis karena lambung dan kepala saya suka sakit, semoga saja bisa sembuh," terangnya. [Sav/Ali]