Jelang Ramadan, Wisata Religi Tuban Ramai Pengunjung

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, banyak masyarakat yang datang berkunjung ke Kabupaten Tuban untuk berziarah ke makam-makam Wali. Hal itu jelas tidak mengherankan, pasalnya di Kabupaten Tuban  sendiri terdapat banyak makam Wali yang dapat dikunjungi. 

Tidak hanya pengunjung lokal, ada banyak pengunjung lain yang datang dari berbagai wilayah yang ada di Jawa Timur. Bahkan lonjakan pengunjung di berbagai wisata religi yang ada di Tuban, terpantau sudah terjadi sejak satu bulan terakhir ini.

Salah satu wisata religi yang turut mengalami lonjakan pengunjung jelang Ramadan ialah Makam Syech Maulana Ibrahim atau Asmoroqondi, yang berada di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Menurut salah satu petugas yang ada diarea pemakaman, lonjakan pengunjung selalu terjadi setiap tahunnya. 

"Setiap menjelang bulan ramadhan selalu ramai. Ini melonjaknya stabil, tapi lebih ramai tahun ini karena yang tahun kemarin ditutup. Pengunjung kebanyakan dari Tuban, Lamongan, Jombang, Gresik, Mojokerto, Bojonegoro," ucap Wemi Kepada blokTuban.com pada Selasa (22/3/2022). 

Setiap pengunjung yang datang, lanjut Wemi jika wajib mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker. Jika kedapatan ada salah satu pengunjung yang tidak memakai masker maka ia tidak diperkenankan untuk masuk ke area pemakaman, demi keamanan pengunjung lainnya. 

Menurutnya, adanya Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini sangat berpengaruh dengan jumlah pengunjung. Bahkan wisata religi satu ini sempat tutup beberapa bulan dan baru dibuka sekitar 6 bulan terakhir ini. 

"Ramainya ini masih standar, dulu lebih ramai lagi sebelum ada Covid. Buka 24 jam tapi paling kalau malam cuma 1 atau beberapa elf saja, kalau jam-jam ramai biasanya habis dhuhur," terangnya. 

Oleh karena itu, pria ramah ini berharap agar Pandemi Covid-19 segera enyah dari Indonesia, agar aktivitas bisa kembali normal lagi dan pengunjung bisa seperti sedia kala. 

Selain makam Asmoroqondi, hal serupa juga terjadi di area makam Sunan Bonang yang merupakan icon utama dari Kabupaten Tuban. Ada banyak kendaraan yang terparkir dan peziarah yang berlalu lalang melintas dan memadati jalanan. 

Ummah, salah satu peziarah Asal Lamongan mengatakan jika hampir setiap tahun ia selalu berziarah ke wali-wali yang ada di Jawa Timur setiap menjelang bulan ramadhan. "Hampir setiap tahun saya selalu berizarah ke wali-wali di Jawa Timur. Udah dari pagi disini sama rombongan," katanya. 

Lantaran sudah terbiasa sedari dulu, maka perempuan ramah ini mengaku jika tidak berizarah sebelum bulan ramadhan tiba,  rasanya seperti ada yang kurang dalam dirinya. Sebab tradisi berziarah menjelang bulan Ramadhan ini memang sudah menjadi kebiasaan yang telah dilakoni masyarakat  sejak zaman dahulu.  [Sav/onono]