Bupati Tuban Resmikan Taman Sleko dan Launching Car Free Night

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky meresmikan Taman Sleko bersamaan dengan melaunching event Car Free Night, Sabtu (19/3/2022) sekitar pukul 20.00 Wib. Turut hadir dalam peresmian itu, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dan jajarannya, pimpinan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) Tuban, dan sejumlah perwakilan perusahaan di Tuban. 

Setelah Bupati Halindra menekan tombol launching, kemudian diikuti kembang api yang menyala dari bawah patung sembilan kuda. Ribuan warga Tuban yang haus akan hiburan, langsung bertepuk tangan dan teriak histeris. 

"Agenda malam ini tak lain untuk mendorong UMKM Tuban berkembang dan maju. Seperti batik, makanan, dan seterusnya. Event selanjutnya akan kami tata serapi mungkin dan terus dievaluasi," tutur Bupati Halindra kepada reporter blokTuban.com. 

Bupati muda itu, meminta seluruh warga Tuban untuk ikut menjaga keindahan Taman Sleko. Taman yang kini dilengkapi sembilan patung kuda, dan spot paludarium senilai Rp1,8 miliar merupakan aset Tuban. 

Untuk event Car Free Night rencana awal Bupati akan dievaluasi sebulan. Harapannya di bulan Ramadan acara pertama di Tuban itu, dapat diadakan setiap akhir pekan. Lebih dari itu, rencananya juga akan disebar di banyak titik tidak hanya di Taman Sleko. 

"Target Pemkab adalah ekonomi masyarakat meningkat di sini. Tujuan kami ingin menyeret UMKM se-Tuban untuk terlibat di Car Free Night dan menjadi tempat berkarya seni mulai menari, musik, fashion show, dan teater," imbuh Bupati Halindra. 

Di Taman Sleko kedepannya, lanjut Bupati akan didirikan panggung sebagai media berkarya masyarakat Tuban. Selain memberi ruang seluas-luasnya untuk seniman, juga membuka titik perekonomian di masa pandemi Covid-19. 

Kehadiran Bupati Pamekasan ke Tuban di malam peresmian Taman Sleko, tak lain bentuk kolaborasi dan tukar pikiran soal potensi batik. Direncanakan pada Minggu (20/3) besok, akan dilaunching batik Pamekasan di Pendopo Krida Manunggal Tuban. 

"Pekan depannya kita akan silaturahim ke Pamekasan," terangnya. 

Berkumpulnya ribuan warga yang hadir di Taman Sleko telah diantisipasi oleh Bupati Tuban. Diantaranya dengan penerapan Aplikasi PeduliLindungi, vaksinasi, dan penegakan protokol kesehatan. 

Sebatas diketahui, sebelum event Tuban Car Free Night ada empat ruas jalan di Tuban Kota yang ditutup. Mulai Jalan Pahlawan, Pattimura, WR. Supratman, dan Basuki Rahmat. Di setiap titik penutupan, dijaga petugas gabungan Polri, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, dan Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban. 

Sebelum meninjau stand UMKM batik, Bupati Halindra menyempatkan berfoto bersama warganya dari berbagai usia. Pengunjung Car Free Night yang tak lain penggemar berat Bupati muda itu, rela berdesak-desakkan meski sudah dihalau petugas. [Ali]