Keindahannya Sia-sia, Gua Suci Tuban yang Memukau Kini Terbengkalai seperti Tak Terurus

Reporter : Nurul Khoiriyah

blokTuban.com – Gua suci yang terletak di Desa Wangun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban memiliki pesona yang sangat indah. Namun, sayangnya pesona indah tersebut belum mendapatkan pemeliharaan yang baik dari pemangku kebijakan setempat.

Akibatnya, gua tersebut tampak tak terurus dan terbengkalai. Daun-daun dan ranting-ranting kering berceceran di lantai gua. Nyamuk-nyamuk pun berdatangan dan tak bisa terhindarkan.

Jalan menuju gua pun hanya jalan setapak yang berada di tengah sawah milik penduduk setempat. Di pinggir jalan memang ada tulisan yang menunjukkan bahwa di daerah situ adalah Gua Suci, namun tak ada tanda khusus lagi untuk menuju ke lokasi gua.

Akibatnya, orang-orang yang ingin berkunjung ke gua ini harus bertanya terlebih dahulu ke penduduk setempat, di mana arah menuju Gua Suci.

Menurut penduduk setempat, Murni (40) Gua Suci ini masih sering dikunjungi oleh beberapa pasangan yang ingin mengadakan foto prewedding. Selain itu, kalau hari minggu juga ada beberapa anak kecil dari desa setempat bermain di sana.

“Di Gua Suci ini kadang masih sering dikunjungi oleh para calon pengantin melakukan foto prewedding. Kadang juga, kalau hari minggu ada sejumlah anak-anak kecil yang bermain di gua,” ungkap penduduk setempat kepada blokTuban.com, Kamis (17/3/2022). 

Penduduk tersebut juga melanjutkan bahwa saat hari-hari biasa, pasti sepi, apalagi jika musim hujan, karena keadaan gua pasti licin. “Kalau hari-hari biasa begini ya sepi seperti ini, apalagi kan ini lagi musim hujan, pasti jalannya licin dan nyamuknya banyak,” lanjutnya.

Menurut perempuan ramah itu, dari dulu sudah ada rencana untuk membangun wisata di Gua Suci ini. Kendati demikian, sampai saat hanya menjadi wacana dan belum ada kelanjutannya.

“Dari dulu, sudah ada rencana dari pemerintah untuk membangun wisata di Gua Suci ini, karena memang goa ini murni dari alam dan sia-sia jika dibiarkan begitu saja. Namun, hingga saat ini belum ada apa-apa, dan masih begini-begini saja,” lanjutnya.

Jika melihat dari letak lokasi gua yang memang masuk ke pelosok desa, gua tersebut harus dikenalkan lebih luas dan seharusnya diperbaiki agar menarik peminat wisatawan.

Banyak sekali spot foto yang sangat bagus dan instagramable yang biasa dicari oleh para remaja. Jika Gua Suci ini diperbaiki dan dikenalkan lebih luas ke masyarakat umum, maka tidak menutup kemungkinan gua tersebut akan ramai setiap hari. [Rul/Ali]