Adakan Dongeng Keliling, Pemuda Bergerak Plumpang Kembali Kumpulkan Donasi 

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Setelah beberapa waktu lalu sukses mengumpulkan donasi yang diperuntukkan untuk Rumah Baca Anak dengan menggelar pantomim di pinggir jalan. Kini pemuda bergerak Plumpang kembali melakukan aksi unik guna mengumpulkan donasi yang serupa.

Aksi pengumpulan donasi itu dikemas dalam bentuk dongeng keliling, yang dilakukan di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tuban. 

Dalam hal ini titik singgah pertama untuk menggelar aksinya itu, diadakan di RA Nurul Jadid Sembungrejo Plumpang, dengan dihadiri oleh puluhan peserta yang duduk di bangku kelas A pada RA tersebut. 

Terlihat anak-anak yang hadir sangat menikmati acara tersebut, hal ini tergambar dari keceriaan wajah mereka saat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh Yani,  Salah satu relawan dari Pemuda Bergerak Plumpang. 

Kegiatan ini juga sangat didukung penuh oleh Kepala RA Nurul Jadid, karena dengan adanya kegiatan ini para siswa nya bisa memiliki pengalaman belajar yang sangat  menyenangkan. 

 "Kami juga merasa sangat senang, karena dengan kegiatan semacam ini anak-anak bisa merasakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan. kegiatan semacam ini sangat sesuai dengan bembelajaran yang selama ini kami terapkan di lembaga kami,” ungkap Siti Khotimah Selasa (15/3/2022). 

Sementara itu, Ketua Pemuda Bergerak Plumpang menyampaikan jika kegiatan ini merupakan titik awal dari kegiatan yang disebutnya dengan istilah gerilya membaca. Yaitu  kegiatan pengumpulan donasi dan buku untuk rumah baca anak pemuda bergerak.

 “Rumah baca kami melaksanakan berbagai kegiatan di dalamnya, seperti pekan baca, belajar menggambar, belajar pantomim dan belajar tari yang mana semua kegiatan bisa diikuti oleh anak usia TK dan SD secara gratis. Sedang untuk operasional rumah baca, kita menggalang donasi seperti acara pada hari ini,"  katanya.

Untuk jadwal berikutnya, Bambang melanjutkan jika sudah ada beberapa sekolah dari jenjang SD dan TK di Kecamatan Plumpang yang masuk dalam daftar kunjungan pada satu Minggu ke depan. 

Selain mengumpulkan donasi, tak lupa  pihaknya juga menyampaikan kepada lembaga sekolah jika siswanya yang memiliki bakat atau tertarik dengan aktivitas yang ada di rumah baca bisa segera mendaftarkannya secara gratis. [sav/ono]