Jaga Kearifan Lokal, Warga Socorejo Jenu Gelar Sedekah Bumi

Reporter: Nurul Khoiriyah

blokTuban.com – Warga Dusun Borosoco, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban sukses menggelar acara sedekah bumi, Senin, (14/3) siang. Acara tersebut berlangsung satu jam mulai pukul 10.00 sampai dengan 11.00 WIB.

Sedekah bumi itu telah rutin dilakukan setiap tahun, tepatnya ketika menjelang bulan suci Ramadaan, tepatnya di bulan Sya’ban. Namun, untuk tanggalnya menyesuaikan di setiap tahunnya.

Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim, mengatakan acara tersebut digelar sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur. Sebagai generasi sekarang memiliki kewajiban untuk menjaga tradisi yang sudah turun temurun itu.

“Acara sedekah bumi ini sebagai bentuk penghormantan terhadap leluhur, sekaligus sebagai wahana silaturahmi antar warga, juga sebagai bentuk sedekah terhadap sesama,” ungkap Kades Arif kepada reporter blokTuban.com.

Demi kesuksesan acara aedekah bumi tersebut, lanjut Kades Arief meminta warga secara sukarela untuk menyumbang sedikit makanan, yang nantinya akan dikumpulkan menjadi satu.

Sedangkan untuk acaranya sendiri, terdiri dari doa bersama dan ada sambutan juga dari kepala desa. Untuk tempatnya, biasanya diadakan di Makam Dusun Borosoco.

Dengan diadakannya acara sedekah bumi ini pula, warga berharap semua warga Desa Socorejo senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. Tentunya dari segala macam bahaya, serta kesehatan dan rejeki yang berkah nan melimpah.

"Diadakannya acara sedekah bumi ini menandakan masyarakat Tuban masih menjaga kearifan lokal yang didapat dari para leluhur," tandas Kades milenial itu. [Rul/Ali]