Simak, Ternyata Ini Cara Membuat Sambal Awet Berbulan-Bulan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Siapa sih yang tidak mengenal sambal, hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai makanan yang ditemani dengan sambal. Tak heran jika banyak masyarakat yang selalu membuat sambal di rumah, bahkan dalam jumlah yang banyak. 

Harga cabai yang melonjak beberapa waktu trakhir ini, pasti membuat para pecinta sambal kebingungan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika meminimalisir sambal yang terbuang karena basi, Selasa (1/3/2022)

Dengan begitu, para pecinta sambal juga harus memperhatikan proses pembuatannya agar makanan tersebut menjadi awet atau tahan lama, bahkan dalam jangka waktu berbulan-bulan. Siti Alfiyah, Owner Sambal Cumi Nevannizar memberikan tips agar sambal bisa tahan lama. 

“Sambal cumi saya itu awetnya bisa sampai satu bulanan lebih, padahal tidak saya kasih bahan pengawet sama sekali,” terangnya kepada reporter bokTuban.com saat ditemui di rumah produksinya.  

Biasanya dalam memproduksi sambal cuminya, Alfi sapaan akrabnya memberikan banyak minyak untuk masakannya. Sebab, minyak merupakan pengawet alami dalam suatu masakan. 

Selain itu sebelum membuat sambal, bahan-bahan terlebih dahulu disangrai, selain membuat sambal lebih awet mensangrai bahan juga dapat menghilangkan bau langu pada bawang. 

Selanjutnya harus dipastikan dengan benar, jika sambal sudah dalam keadaan matang saat menggorengnya, karena jika sambal tidak dalam keadaan benar-benar  matang maka itu akan mengurangi ketahanan dari sambal itu.  

“Minyak dibanyakin dan masaknya harus benar-benar matang, kalau banyak minyak itu bukan kok terus minyaknya banyak tapi itu sebagai pengawet,” terangnya.

Biasanya, sambal yang sudah benar-benar matang ditandai dengan perubahan warna pada sambal, minyaknya yang sudah keluar, serta aromanya yang menggugah selera. 

Sementara itu, dilansir dari Kompas sebelum membuat sambal harus dipastikan terlebih dahulu jika bahan dan alatnya bersih. Kotoran yang menempel pada alat atau bahan masakan, bisa membuat kontaminasi pada sambal yang akhirnya membuat sambal cepat basi. 

Lebih lanjut, setelah sambal sudah benar-benar matang sebaiknya langsung dipindah ke wadah seperti piring atau mangkok. Karena jika sambal didiamkan di wajan maka sambal akan terlalu matang atau gosong. [Sav/Ali]