Pohon Tumbang di Tuban Kota saat Hujan Deras, BPBD Himbau Pengguna Jalan Hati-hati

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebuah pohon tumbang saat hujan deras disertai angin kencang di Jalan Pemuda Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Senin (28/2/2022) sekitar pukul 12.00 Wib. Batang pohon yang besar langsung menutup seluruh badan jalan, dan mmeicu kemacetan di wilayah setempat. 

Beruntung akibat pohon tumbang tersebut, tidak ada korban jiwa maupun kerusakan pada kendaraan yang melintas. Hanya saja, sebuah mobil berwarna merah nyaris tertimpa pohon karena sedang parkir tak jauh dari pohon tersebut. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Sudarmaji, membenarkan kejadian tersebut sekitar pukul 12.00 Wib. Sesaat kemudian, tim BPBD yang sedang piket mendapat telepon dari masyarakat untuk bergegas mengevakuasi. 

"Tim langsung bergerak ke lokasi pohon tumbang, dan dengan cepat memotongnya menjadi bagian kecil-kecil menggunakan gergaji mesin," ujar Kalaksa Sudarmaji kepada reporter blokTuban.com. 

Tak butuh waktu lama, pohon tersebut bisa ditepikan dan lalu lintas kembali normal. Akibat kejadian di musim yang kurang bersahabat, mantan Kepala Dinas PUPR itu menghimbau pengguna jalan untuk lebih hati-hati dan waspada. Khususnya berteduh di bawah pohon saat hujan disertai angin kencang. 

Sebelumnya, pada 18 Februari 2022 sebuah pohon jenis trembesi di tepi Jalan Raya Montong-Merakurak turut Desa Pucangan, Kecamatan Montong tumbang. Pohon yang sempat menutup badan jalan itu langsung dievakuasi oleh tim BPBD. 

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Tuban memiliki ancaman terjadinya bencana hidrometeorologi sehingga memicu tanah longsor, banjir, angin puting beliung dan bencana yang lainnya. Seluruh elemen masyarakat harus selalu siap siaga menghadapi bencana yang dapat datang sewaktu-waktu. [Ali]